Resep Masakan Enak: Resep Bobor Rebung


Bahan resep makanan enak yang satu ini hanya bisa dijumpai ketika datang musim tertentu. Namanya rebung, berasal dari tunas bambu. Tunas bambu biasanya muncul pada musim penghujan. Bisa saja pada musim panas tumbuh tunasnya. Namun kebanyakan tunas bambu akan tumbuh ketika datang hujan karena waktu itu tumbuh subur daun-daun hijau bambu. Bambu tergolong tumbuhan yang tidak kuat panas sehingga akan mematikkan semua daunnya.

Resep Bobor Rebung

Apakah rembung di daerah anda berasal dari pohon yang sama? Bila sama, masuk dalam pembahasan ini.

Sebelum memanfaatkan rebung sebagai bagian dari bahan masakan enak, terlebih dahulu harus memperhatikan proses pengupasannya. Rebung berasal dari tunas pohon bambu. Anda tahu sendiri kan kalau bambu memiliki serabut, mirip rambut kumis yang baru tumbuh, yang bisa membuat gatal-gatal? Nah, bagian buah rebung terdapat kulit yang memiliki serabut yang harus dibuang dengan bersih terlebih dahulu. Kelupaskan masing-masing kulit, iris tipis bagian luarnya, lalu dicelupkan ke air untuk benar-benar bersih.

Rebung bisa dikatakan bahan masakan yang rasanya gurih. Biasanya sebagai campuran masakan rumbah urap daun singkong atau kangkung. Memadukan rebung pada rumbah urab akan menambah rasa gurih, membuat selera makan bertambah.

Namun di sini akan menjelaskan resep masakan enak yang bahan dasarnya menggunakan rebung yaitu resep bobor rebung. Walaupun bisa dibilang sulit untuk mendapatkan bahan resep yang satu ini.

Langkah Resep Masakan Enak Bobor Rebung

Apa yang di maksud bobor rebung? Apapun sebutan namanya, terpenting masakan yang akan dibuat bisa diterima lidah keluarga anda. Apalah artinya nama bila sekedar untuk disantap keluarga kecil anda. Terpenting rasanya enak dan gurih.

Bahan utama bobor rebung:
  • Rebung, iris tips lebar
  • Gula pasir
  • Garam
  • Santan dari 1/2 butir kelapa
  • Daun salam
  • Teri medan, gorenng
  • Kacang panjang, potong potong
  • Lengkuas, memarkan

Takaran bahan bisa anda tentukan sendiri sesuai selera anda. Porsi memasak setiap keluarga memang berbeda-beda. Bila penulis menuliskan takaran yang harus dilakukan, bisa jadi tidak sesuai dengan target pembuatan tiap keluarga.

Bahan bumbu yang dihaluskan :
  • Siung bawang putih
  • Butir bawang merah
  • Cm kencur
  • Sendok teh ketumbar

Cara membuat bobor rebung :
  1. Masak santan sampai mendidih bersama campuran bumbu yang sudah dihaluskan. Tunggu sampai beraroma harum. Tambahkan garam, gula pasir atau msg, daun salam, dan lengkuas ke dalam santan yang sudah mendidih.
  2. Tidak lupa masukkan kacang panjang dan juga rebung. Masak hingga kondisi rebuh matang.
  3. Bila sudah matang, bisa dicamuri dengan teri medan.

Peluang Usaha Resep Masakan Enak Bobor Rebung

Resep masakan enak seharusnya layak untuk dijadikan bagian dari menu usaha warung atau rumah makan. Seharusnya bobor rebung bisa menjadi menu warung atau rumah makan.

Sepertinya masakan bobor rebung pantas dijadikan menu untuk usaha sekelas warteg, karena tampilan terlihat sederhana dan bahan rebung pun hanya berlaku di musim hujan saja. Bila untuk rumah makan, sepertinya akan kesulitan mencari bahan rebung mengingat berasal dari tunas pohon bambu. Rata-rata tunas yang tumbuh untuk kebutuhan menjadi kayu bambu yang akan digunakan untuk usaha yang lain.

Bahan rebung tidak hanya dijadikan untuk bobor rebung. Bisa sebagai camuran untuk rumbah urap kangkung atau daun singkong. Hal ini akan menambah daya tarik dalam penjualan. Bagi penyuka rumbah urap, tentu akan dispesialkan bila menghadirkan rebung di dalamnya.






0 Response to "Resep Masakan Enak: Resep Bobor Rebung"

Posting Komentar