Resep Masak Rumbah Urab Daun Singkong Muda, Gurih

Resep masak urab? Apa definisi urab? Sepertinya kata tersebut bukan kata baku. Makna urab yang penulis tahu adalah pengolahan makanan dengan bahan tertentu dengan cara diolah menjadi satu namun tanpa perlu menggunakan panas api. Benar atau tidak, yang jelas urab daun singkong bercampur dengan bumbu kepala parut sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Namun yang jadi aneh, tergolong satuan makanan rumbah

Rumbah Urab Daun Singkong Muda

Resep masak masakan yang satu ini tergolong dalam kategori #menu rumbah, menurut versi bahasa di daerah penulis, tepatnya Cirebon. Kenapa di sebut rumbah atau biasanya disebut rumbah daun singkong (kangkung)? Entahlah, yang jelas, di sini hanya akan menjelaskan sebuah variasi resep yang bisa anda coba untuk menu harian di meja makan bersama keluarga. Apalah arti sebuah nama dan khas sebuah kuliner makanan bila lidah tidak bisa berbohong? Betul?

Sebelum melakukan proses masak rumbah urab, alangkah baiknya menyediakan bahan utama terlebih dahulu. Di sini penulis mengambil daun singkong. Sebenarnya bisa dengan kangkung. Namun menimbang masalag kegurihan, daun singkong jauh lebih gurih. Untuk daun singkong yang bagus dibuat rumbah urab, lebih baik memilih yang masih muda. Biasanya pucuk daun singkong yang diambil. Karena biasanya tidak terasa pahit. Namun masakan padang yang memakai daun singkong agak tua, ternyata rasanya tidak pahit. Mengapa itu bisa terjadi? Bisa jadi karena pemilihan jenis singkongnya atau ada tips khusus untuk menghilangkan rasa pahit pada daun singkong agak tua.

Langkah Resep Masak Rumbah Urab Daun Singkong Muda

Langkah resep masak rumbah urab tergolong mudah. Hanya menggunakan bahan-bahan sederhana sudah menghasilkan rasa yang enak dan gurih. Hal ini karena perpaduan bahan yang pas untuk menghasilkan rasa yang enak dan gurih. berikut bahan-bahan resep memasak rumbah urab dengan daun singkong muda

Bahan-bahan membuat rumbah urab daun singkong muda:
  • Daun singkong muda atau yang umum dipasaran
  • Kelapa parut
  • Terasi
  • Garam
  • Gula pasir atau msg
  • Bawang merah
  • Cabai rawit
  • Minyak
  • Air

Cara membuat rumbah urab daun singkong:

Rebuh terlebih dahulu daun singkongnya sampai matang. Bila sudah matang, buang air hasil rebusannya. Biarkan terlebih dahulu sampai bumbu sudah matang.

Sebelumnya mengulek bagian bahan yang perlu diulek. Masukkan bawang, cabai, dan terasi. Ulek sampai lembut. Lalu masukkan dalam wajan yang sudah berisi minyak. Tumis sampai matang dan berbau harum. Setelah itu masukkan air secukupnya.

Masukkan kelapa parut, garam dan gula pasir. Tunggu sampai mendidih dan airnya menjadi surut. Sambil menunggu surut, aduk-aduk terus bahan bumbunya.

Setelah matang bahan bumbunya, masukkan daun singkong yang sudah disebus ke dalam bumbu. Aduk-aduk sampai rata. Bila masih kurang asin, bisa tambahkan garam lagi.

Bisa juga menggunakan kangkung sebagai pengganti daun singkong. Namun kualitas gurihnya masih lebih enak menggunakan daun singkong walaupun ada rasa pahit-pahitnya. Bisa juga menggunakan daun pepaya muda bila anda menyukai yang ada pahit-pahitnya walaupun bisa diolah menjadi tidak pahit.

Peluang Usaha Masakan Rumbah Urab Daun Singkong Muda

Walaupun rumbah urab daun singkong rasanya gurih, enak dan tidak kalah dengan rumbah lainnya, tetapi tidak diminati dalam segi usaha kuliner, menurut perkiraan penulis. Yang banyak beredar dipasaran adalah rumbah kangkung campur sambal, baik sambal kacang atau asam. Jarang ada di warung atau rumah makan yang menggunakan rumbah urab daun singkong, kemungkinan. Hal ini mengindikasikan bahwa masakan yang satu ini hanya cocok untuk kebutuhan lingkup keluarga saja.

Mungkin anda bisa mencoba dengan rumbah urab kangkung, karena rasanya yang bisa diterima lidah. Mengingat kangkung rasanya manis, tidak seperti daun singkong.

Variasi lainnya bisa rumbah urab campur sambal pecel


0 Response to "Resep Masak Rumbah Urab Daun Singkong Muda, Gurih"

Posting Komentar