Resep Masakan Rujak Merucu, Sederhana Tapi Enak

Sampai pembahahasan di sini, definisi atau ciri khas rujak bisa membingungkan. Namun kenyataannya, memang label nama rujak bisa disemat di dalam olahan masakan yang terbuat dari bahan merucu, pisang klutuk (sebutan pisang di area Cirebon) atau disebut kluntuk mentah. Padahal, merucu sendiri atau pisang klutuk mentah sendiri sebagai bahan penyedap untuk membuat rujak yang biasa dijual di sebagian area Cirebon.


Mengapa olahan dari bahan pisang klutuk dianggap rujak? Kemungkinan cara pengolahannya sama yakni ada pengulekkan. Pengulekan itulah yang mungkin membuat masakan pisang klutuk disebut rujak. Walaupun tanpa bumbu sambal kacang, tetapi dianggap rujak.

Dari sini, apakah anda sudah merasakan olahan pisang klutuk? Tentunya, tiap daerah memiliki masakan khas tradisional yang belum dikenal orang dari daerah lain. Namun bagi orang yang berada di sebagian wilayah Cirebon akan mengenal dengan sebutan rujak merucu. Kalau tidak salah, rujak perucu adalah kuliner khas Cirebon. Bisa jadi anda belum merasakannya. Bila belum, apakah mau mencoba?

Langkah Membuat Rujak Merucu

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa rujak merucu alias rujak pisang mentah muda, tidak sama dengan rujak kangkung. Rujak merucu tidak memakai bumbu kacang atau sambal kacang. Berikut adalah bahan yang perlu anda siapkan.

1. Bahan-Bahan Membuat Rujak Merucu

Beneran anda menginginkan rujak merucu? Enak loh rasanya. Tidak percaya? Ada dua jawaban soal rasa kuliner: enak dan enak banget. Udah begitu saja. Yuk ketahui bahan-bahan membuat resep rujak merucu.
  • Pisang klutuk
  • Terasi bakar atau goreng
  • Garam
  • Msg
  • Cabai rawit masih hijau

2. Cara Membuat Rujak Merucu

Cara membuat rujak merucu cukup mudah, cukup memasukkan bahan-bahan yang sudah disediakan ke dalam ulekan. Untuk takaran bahan, itu diserahkan masing-masing saja, sesuai kebutuhan dan selera.

Namun sebelum memasukkan bahan ke pengulekan, alangkah baiknya untuk mengiris tipis pisang klutuk yang sudah disediakan. Iris seperti mengiris timun untuk lalapan. Hal ini untuk memudahkan dalam pengulekan.

Bila sudah, silahkan ulek sampai lembut. Bila sudah lembut, tandanya memang sudah jadi. Anda bisa rasakan sendiri, apakah enak atau tidak? Jangan salahkan lidah bila ternyat enak. Namun bagi yang tidak suka sambal terasi, maka rasanya sudah pasti tidak enak.

Agar terasanya enak, alangkah baiknya untuk memperbanyak jumlah cabai dan terasi agar rasanya menggoda selera.

Cara Menikmati Rujak

Anda bisa mengkonsumsi rujak merucu dengan memakan sekaligus, jangan sisa untuk menunggu untuk konsumsi di jangka waktu tertentu karena rasanya akan kurang enak. Maka dari itu, alangkah baiknya bila membuat rujak merucu dihidangkan untuk keluarga bikan individu.

Lebih enak lagi, bila ditemani dengan lalapan dan sambal. Untuk lalapan, bisa dari mentium, daun kol, kerupuk dan yang biasa dijadikan untuk lalapan. Untuk sambal, tentunya sambal pecel semarang dong. Mengapa harus sambal pecel? Karena anda mengandalkan lalapan. Lah, buanya bisa sambal terasi? Betul, bisa, tetapi rujak merucu sendiri sudah selayaknya sambal terasi hanya saja tidak pantas sebagai teman colekan lalapan. Sehingga, anda bisa menggunakan sambal pecel yang bisa diperoleh di situs www.sambelpecelsemarang.com

Jangan lupa menghidangkan rujak merucu ketika nasi masih hanyat mengingat lauk yang ada hadirkan cuma rujak merucu dan lalapan bersambal. Walau seperti itu, kenikmatan yang anda rasakan bisa melebihi menyantap rendang sapi paling enak ketika lidah anda sedang bermasalah, hehe..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Masakan Rujak Merucu, Sederhana Tapi Enak"

Posting Komentar