Resep Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak

Apakah anda pernah merasakan pecel sayur yang enak dan gurih rasanya? Pedas namun ingin nambah? Mirip gado-gado tetapi entahlah, apanya yang tidak mirip? Bila anda pernah, apakah bisa membuatnya? Belum tentu bisa. Kalaupun bisa, belum tentu enak seperti rasa dan aroma yang dijual mba-mba pecel. Mungkin selama ini anda hanya menikmati taburan sambal plus sayuran yang dilakukan mba-mba pecel, setelah itu membayar sesuai ketentuan harga. Namun, apakah anda tidak berkeinginan membuat pecel sayur sendiri?

Pecel Sayur

Resep pecel sayur inti utama yang membuatnya enak adalah terletak di dalam sambal pecelnya atau biasa disebut bumbu pecelnya. Bila sambal pecel tidak enak, ya sudah, tidak bakalan terasa enak juga sayurannya. Misal kacang pembuat sambal agak gosong dalam penggorengan. Maka ketika sambal pecel sudah ditaburi ke sayuan, tetap akan terasa rasa kacang gosongnya. Sehingga, pembuatan sambal pecel memiliki teknik khusus, bukan sekedar resep saja melainkan keuletan menjaga rasa.

Apakah anda mau membuat pecel sayur sendiri? Enak atau tidak enak, mari mencoba untuk menghidangkan pada keluarga anda. Kali saja enak, sehingga tidak perlu beli lagi bumbu pecelnya.

Langkah Resep Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak

Pada dasarnya, resep utama adalah terletak pada sambalnya, bukan pada yang lain. Hal ini karena campuran sambal pecel sendiri bisa digunakan di berbagai hidangan seperti nasi pecel, sayur pecel, pecel lele dan yang lainnya. Namun alangkah lengkap bila dijelaskan juga bahan pendamping sambal pecelnya.

Bahan-Bahan Pecel Sayur Khas Jawa Enak :
  • Kacang panjang
  • Tauge
  • Kol 5
  • Kuncup kembang turi
  • Bayam rebus
  • Daun pepaya rebus
  • Kenikir 5 utas
  • Daun kemangi

Bahan Bumbu Kacang Pecel Sayur Khas Jawa Enak :
  • Kacang tanah goreng
  • Air panas
  • Larutan air asam jawa
  • Cabai merah keriting
  • Cabai rawit
  • Bawang putih
  • Terasi
  • Garam secukupnya
  • Gula merah

Cara membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak

Membuat sambal pecel seperti membuat gado-gado. Artinya ada pengulekan bumbu secara terpisah. Baru kemudian bahan dimasukkan ke dalam sayuran (sebagai contoh) atau sengaja menaburkan bumbu ke dalam bahan pecelnya.

Bila resep sambal atau bumbu pecel diolah dengan bahan sederhana, tidak ada bedanya dengan gado-gado. Kalau bedanya hanya pada cara penaburan, atau bumbu tertentu lebih banyak, sepertinya bukan sesuatu yang bisa untuk pembeda resep. Hal ini bisa disimpulkan bahwa pecel adalah nama lain dari gado-gado, rumbah atau rujak. Pada dasarnya adalah sama yakni taburan bumbu kacang ke dalam sayuran.

Peluang Usaha Pecel Sayur Dadakan Laris-Manis

Ada inspirasi usaha pecel sayur yaitu menggunakan gerobak dorong. Penjualan seperti ini sudah umum dilakukan bahkan dianggap usaha yang dianggap laris-manis. Dalam hal ini, teknik pengolahan lebih kepada teknik dadakan yang artinya sayuran diolah dadakan. Mengapa harus diolah dadakan? Hal ini untuk memberikan rasa hangat. Di samping itu, penggodogan (perebusan) sayur tidak perlu memakan waktu sehingga cocok bila digodog dadakan. Bahkan jauh lebih besar resikonya bila dimasak terlebih dahulu. Hanya saja harus menyiapkan kuah memasak seperti halnya pada usaha bakso.

Langkah penting penargetan usaha sayur pecel dadakan adalah menarget kalangan mahasiswa dan pelajar. Hal ini sangat serasi sekali dengan kebutuhan makanan segar sehabis mikir lelah. Ketika mulut ketemu sambal, hilang sudah pikiran mumet akibat pelajaran atau mata kuliah kampus.

Apakah pecel ayam sayur atau pecel sayur saja dalam penjualan ini? Hal terbaik adalah, tidak perlu menggunakan ayam dalam taburan pecel sayur. Mengapa? Karena ada campuran yang lebih tepat untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yakni gorengan bakwan yang sudah umum sebagai bahan campuran. Penambahan bakwan, kerupuk jauh lebih murah ketimbah ayam dengan rasa yang tidak jauh berbeda.

Bagaimana seputar sayuran yang akan dijadikan bahan utama sambal pecel? bayam atau kangkung? Lebih baik memilih bahan utama kangkung, mengingat jauh lebih murah dan juga tidak mudah layu bila untuk usaha pecel sayur dadakan.

Apakah berniat mau membuat bumbu alias sambal pecel sayuran untuk kebutuhan usaha? hm.. repot kali ya kalau memang tidak punya banyak waktu untuk membuat sambal. Anda bisa menysiasati dengan memesan sampal pecel kami yang murah dan awet tanpa bahwan pengawet. Bisa kunjungi sambelpecelsemarang.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak"

Posting Komentar