Resep Masakan Jawa Urap Nasi Aking Mewah

Nasi aking? Apakah anda sudah tahu apa itu nasi aking atau bahasa Cirebon disebut sega king, seganya para raja. Becanda. Lalu bagaimana resep masakan jawa mewah seputar nasi aking ini? Apakah pembahasan ini penting untuk anda yang sudah merasa cukup dengan hidangan nasi yang enak? Bila pembahasan ini tidak penting untuk anda, paling tidak sekedar informasi resep ala kadarnya, barangkali anda mau mencoba. Bila seperti itu, penting juga untuk dibahas walaupun nasi aking tergolong nasi kelas bawah alias kalangan miskin sekali, fakir yang tidak mampu membeli beras. Tetapi bila resep yang dihadirkan mewah, nasi aking justru bukan hidangan kalangan kaum fakir.


Mengapa membahas resep nasi aking dalam masakan jawa ini? Hal ini dilandasi banyak orang yang menyia-nyiakan nasi yang sudah terlanjur basi atau nasi yang sudah lembek. Banyak orang membuang nasi tersebut padahal itu adalah makanan pokok. Ketika nasi menjadi mahal, justru pada protes padahal waktu ada nasi malah dibuang-buang. Nasi yang sudah lembek memang tidak enak dimakan. Namun bukan berarti harus dibuang. Jalan terbaik adalah menjemurnya menjadi kering. Ketika sudah kering, banyak orang yang membutuhkan hal itu, baik kalangan miskin atau peternak unggas.

Namun terkesan menghina kalau kita hanya memberi nasi aking untuk kalangan miskin. Kecuali si miskin itu memang membutuhkan dan sudah biasa berlangganan. Daripada beli beras mahal, lebih baik nasi aking. Terpenting bisa makan.

Nah, sekarang, bagaimana orang kaya mengolah nasi aking? Namun sepertinya jarang yang minat olahan nasi aking. Hal ini karena ada nasi ketan yang memang jauh lebih enak. Namun di sini tidak membahas minat atau tidaknya. Di sini hanya menghadirkan resep masakan jawa yang berasal dari nasi aking sebagai bahan utamanya.

Langkah Resep Masakan Urap Nasi Aking Mewah

Dalam memasak nasi aking, diharapkan bukan nasi yang dihasilkan dari nasi basi. Mengapa? Karena tetap saja, nasi basi tetaplah nasi basi. Bisa jadi rasa nasi aking tidak terasa enak. Kalaupun mau dimasak, harus dicuci dahulu. Jadi pastikan tidak berupa nasi basi. Ketika sekiranya nasi sudah lembek akibat pengaruh alat penghangat nasi atau memang ada nasi kelebihan, lebih baik segera untuk dikeringkan bukan dibuang.

Nasi harus dijemur dengan panas yang cukup beberapa hari agar benar-benar kering. Bila sudah kering, tentu kondisinya sudah menjadi seperti beras yang keras namun bernama beras aking. Tinggal melakukan proses pemasakan seperti pada umumnya memasak nasi. Ya, tidak ada beda dengan memasak nasi.

Pertama-tama adalah melakukan pencucian pada beras aking. Walaupun tidak dihasilkan dari penggilingan, mencuci beras aking harus juga dilakukan. Tetap saja hasil penjemuran dianggap kotor. Setelah bersih, maka siap untuk dimasak.

Bagaimana cara memasak beras aking? Lebih baik memasak dengan teknik mengukus. Kalau ingin seperti memasak nasi berbumbu, maka bisa langsung melakukan peliwetan. Peliwetan adalah memasak nasi yang langsung direbus tanpa melakukan pengukusan setelahnya. Pengukusan berguna untuk memasak nasi liwet yang biasanya berbumbu atau berbahan yang mengandung penyedap nasi, seperti sereh dan bahan lainnya.

Bila sudah matang, bagaimana selanjutnya? Sederhana. Tinggal mencampurkan beberapa bahan untuk nasi aking sebagai berikut.

Bahan-bahan nasi aking:

- Parutan kelapa muda
- Garam
- Keju
- Sambal pecel
- Gorengan

Kelapa parut tujuannya untuk menggurihkan. Karena harus gurih, maka harus dicampurkan garam. Tanpa campuran garam, taburan kelapa kurang terasa gurih dan enak. Bagaimana dengan penambahan keju? Tidak harus juga. Tetapi bila ingin terkesan mewah, bisa juga menambahkan keju. Perpaduan kelapa dan keju justru akan menambah nikmat hidangan nasi aking. Penaburan keju diupayakan agar menyatu dengan nasi. Lebih baik menaburkan keju terlebih dahulu daripada kelapa parut.

Tentu dong, menyantap nasi aking yang gurih dengan taburan kelapa dan keju tidak lengkap bila tidak disertai dengan gorengan gurih dan sampel pecel. Sambel pecel sebagai teman untuk gorengan. Karena untuk pencolekan, upayakan memberi air sedikit saja pada sambal sekedar untuk lebih mudah dalam pencolekan gorengan ke sambal.

Mudah bukan resep masakan jawa yang satu ini yakni nasi aking yang terkesan mewah?


1 Response to "Resep Masakan Jawa Urap Nasi Aking Mewah"

  1. update terus gan artikelnya.
    di tunggu kunjungan baliknya gan.
    http://obatkista1.com

    BalasHapus