Resep Masakan Jawa Botok Jagung Khas Blitar

Sebelum membahas panjang lebar, lebih baik mengartikan arti dari resep masakan jawa yang satu ini, yaitu botok. Apa arti dari botok? Bukan botok yang dikenal dalam istilah kesehatan. Botok ini sebuah makanan khas yang mungkin berasal dari jawa, terbukti bisa tersebar dari Jawa Timur sampai barat. Botok di sini diartikan bahan yang diulek, dilembutkan dan dibungkus dengan daun untuk dikukus atau bisa ditambahkan dengan dipepes. Biasanya, pembungkusannya dengan daun pisang. Lalu bagaimana dengan botok jagung khas blitar?

Botok Jagung

Memang ada banyak varisi botok yang tidak hanya untuk kebutuhan lauk-pauk. Dalam hal lauk-pauk atau teman nasi, ada beberapa botok seperti botok tempe, oncom, tahu, dan yang akan dibahas yaitu botok jagung. Dalam hal kue atau sejenisnya, ada nama botok roti. Tentunya pada inti botok adalah mengalami pengulekan atau menghancuran sehingga menjadi lembut lalu dikukus.

Dalam pembahasan ini akan membahas bagaimana resep masakan jawa dalam membuat botok dari bahan dasar jagung. Sekilas bahan jagung bisa dibuat botok untuk kebutuhan pelengkap menu makanan atau untuk membuat kue botok sebagai cuci mulut setelah makan.

Jangung manis memberikan rasa istimewa pada botok jagung khas blitar yang bisa jadi anda mau mencoba di rumah dengan variasi-variasi lain dari anda sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan, bisa untuk lauk makanan, untuk kue botok atau campuran botok roti. Apakah anda mau mencoba, berikut akan menjelaskan bagaimana resep masakan jawa yang satu ini.

Baca: Resep Sambal Terasi

Langkah Mudah Botok Jagung Dalam Resep Masakan Jawa Khas Bliter

Apakah anda sudah siap memasak masakan khas blitar jawa timur ini? Kalau sudah siap, silahkan simak bahan-bahan resep untuk membuat botok jagung yang dilansir Resepmasakankreatif.com

Bahan-bahan resep membuat botok jagung:
  • 3 buah jagung manis yang masih muda, sisir halus atau bisa dilanjutkan dengan ulekan sesuai selera
  • 100 ml santan, bisa menggunakan santan kemasan
  • 8 buah cabai rawit utuh atau bisa mengirisnya terlebih dahulu sesuai selera
  • daun pisang untuk membungkus yang sebagai ciri khas botok
  • 2 buah belimbing wuluh, lakukan pemotongan kecil-kecil
  • 1 batang daun bawang, lakukan pengirisan kecil-kecil

Bumbu bumbu dan haluskan :
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 cm lengkuas
  • 2 cm temu kunci
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh terasi, dibakar
  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah

Cara membuat botok jagung blitar :

Pertama anda bisa mencampurkan bahan yang disebut di atas. Khusus cabai rawit, anda bisa meletakkan di akhir ketika mau dibungkus dalam daun pisang. Bila cabai rawit dalam keadaan teriris kecil-kecil, anda bisa mencampurnya dengan bahan-bahan yang lain.

Seperti biasa membungkus bahan botok jagung ke dalam daun pisang yang sudah disiapkan dengan potongan kecil-kecil sekitar ukuran lembaran ketas buku tulis. Taruh bahan botoknya ke dalam lembaran daun pisang. Khusus cabai yang tidak memakai cara diiris, bisa diletakkan setelah bahan botok. Anda bisa membungkus jagung dengan alat pengikat lidi atau yang lainnya yang tahan dalam pemanasan.

Telakkan dalam alat pengukus seperti cubluk (sebutan jawa yang khusus untuk memasak nasi atau lainnya dengan teknik kukus, lebih tinggi dari panci kukus) atau panci kukus. Kukus sampai 40 menit dengan mengunakan api yang sedang. Anda bisa menunggu. Setelah matang, siap disajikan. Bisa disajikan bersama sambal pecel semarang

Selamat menyantap.

Peluang Usaha Kuliner Dengan Botok Jagung

Menu masakan botok jagung hanya tepat diterapkan pada usaka kuliner di rumah makan yang berkonsep lesehan tradisional. Apakah bisa digunakan untuk kelas warung makan ala warteg? Kemungkinan tidak cocok. Rumah makan memang membutuhkan banyak variasi lauk-pauk. Biasanya demi menghindari persaingan atau lolos persaingan, akan menggunakan menu yang berbeda sebagai pengikat di mata pelanggan. Bisa jadi botok jagung sebagai trik memikat pelanggan mengingat ada ciri khas tersendiri yang sengaja dibuat pemilik rumah makan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Masakan Jawa Botok Jagung Khas Blitar"

Posting Komentar