Resep Memasak Sambal Petis Enak

Mau memasak sambal petis? Kira-kira teman terbaik untuk sambal petis apa ya? Ya, betu, tahu. Teman yang terbaik untuk sambal petis adalah tahu sehingga disebut makanan tahu petis. Apakah anda menyukai tahu campuran petis? Sayang sekali bila anda tidak menyukainya, mengingat rasanya yang gurih, juga berasa rasa udangnya.

Sambal Petis Enak

Makanan sambal petis memang terkenal dibeberapa daerah jawa khususnya Cirebon. Biasanya yang di Cirebon khasnya adalah tahu petis walaupun bisa jadi ada dibeberap daerah. Biasanya kalau ada acara besar di Cirebon seperti maulidan, haulan dan sebagainya yang memiliki banyak penjual, maka akan hadir penjual tahu petis.

Apakah sama sambal petis dengan petis yang sebagai campuran tahu? Entahlah. Yang jelas di sini akan menghadirkan resep memasak sambal petis dengan bahan-bahan yang seperti untuk mengolah sambal yakni menambahkan cabai. Biasanya petis untuk teman makanan tahu tidak ada rasa pedasnya. Bisa jadi sambal petis yang akan dijelaskan memang berbeda dengan petis biasa. Yang pastinya bahan utama sambal adalah petis dan cabai.

Perpaduan petis dengan cabai memang menyatu. Hal ini sangat mendukung sekali bila untuk kebutuhan dalam memasak sambal petis. Walaupun pemberian cabai hanya sedikit, namun campuran petis bisa menutupi sedikitnya pemberian cabai. Namun hal yang terbaik adalah memaksimalkan pemberian cabai, karena yang diolah adalah masakan sambal.

Langkah Resep Memasak Sambal Petis Enak

Memasak sambal penting bisa dibilang hanya untuk momen-momen tertentu atau bisa sebagai hidangan cemilan. Hal ini karena tampilan petis dan juga rasanya yang kurang enak bila untuk di makan bersama nasi. Walau demikian, anda bisa mencoba mengolah resep memasak sambal petis yang satu ini untuk hidangan cermilan di tengah kebersamaan bersama keluarga.

Bahan utama :
  • Petis udang
  • Cabai merah besar
  • Cabai rawit merah
  • Bawang putih
  • Air jeruk limau
  • Kecap manis
  • Garam
  • Gula pasir
  • Kacang tanah kulit, goreng
  • Air

Tentukan takaran sesuai selera anda demi kenikmatan sambal petis sesuai lidah anda.

Cara membuat sambal petis udang :

Seperti biasa harus ada bahan yang perlu dihaluskan untuk campuran sambal petis. Bahan yang perlu dihaluskan adalah cabai, bawang putih, garam, gula pasir dan juga kacang tanah. Bisa juga menggunakan mesin blender bila mau membuat sambal petis dalam jumlah yang banyak.

Masukkan petis, jeruk limau dan juga kecap manis menjadi satu dalam bumbu, lalu aduk-aduk sampai merata. Tidak lupa mencamurkan air untuk mengurangi kekentalan petis. Aduk sekali lagi sampai merata.

Peluang Usaha Resep Memasak Sambal Petis Enak

Peluang usaha dari resep sambal petis memang tidak populer. Namun bila sambal petis sebagai campuran atau teman makan gorengan seperti tahu, bakwan dan sebagainya, bisa dianggap laris-manis. Banyak penjual gorengan menambahkan sambal petis sebagai penyedap rasa ketika memakan gorengan. Rata-rata orang menyukai makan gorengan yang dicolek sambal petis. Penjualan pun laris-manis ketika dihidangkan di kalangan mahasiswa dan pelajar mengingat makanan gorengan pun dianggap makanan popuper, makanan yang digemari masyarakat Indonesia.

Bila ingin menambah laris suatu usaha gorengan, hal penting tentu harus menambahkan sambal pentis. Namun rata-rata kadar pedas dalam petis tidak ada. Hal ini bisa jadi dalam pengelolaan petis tidak memasukkan cabai. Alangkah baiknya bila untuk kesuksesan usaha gorengan, harus memilih sambal petis yang memiliki rasa yang pedas agar masuk di lidah para penikmat gorengan.

Mau sambal lain? Cek disini


0 Response to "Resep Memasak Sambal Petis Enak"

Posting Komentar