Resep Masak Makanan Rumbah Ala-ala Endol Surendol

Membahas resep makanan rumbah mengingatkan penulis pada seorang nasar, penyanyi dangdut. Ketika ia memberikan saran mengenai vokal nyanyian agar bisa lantang bersuara menyanyi, menyarankan untuk memakan rumbah khas ala-ala endol surendol, teh Iis Dahlia. Bahkan teh Iis dijuluki Pasukan Rumbah olehnya. Mengapa sampai nasar menyarankan memakan rumbah? Hal ini karena rumbah identik dengan pedas.

Makanan Rumbah

Apa perbedaan antara rumbah, pecel, dan rujak kangkung? Teka-tekni penamaan atau ciri khas kuliner memang sering menjumpai hal yang menyulitkan.

Menurut tradisi masakan khas Cirebon dan Indramayu (kedua daerah memiliki kesamaan, salah satunya bahasa Jawa yang khas), rumbah dan rujak memang memiliki perbedaan. Bila rumbah diberi sambal cair namun pedasnya minta ampun. Bila rujak, bisa dikatakakan diberi bumbu semacam karedok, yang bisa pedas dan tidak, namun pemberiannya ketika melakukan proses pengulekkan. Namun bagaimana rumbah dengan pecel dan rujak dengan pecel? Seperti definisi pada umumnya, pecel artinya bumbu yang dibubuk dengan bahan dasar kacang. Rumbah dan rujak pun memiliki bahan dasar yang sama seperti pecel. inilah kesulitannnya.

Kembali pada pembahasan resep masakan rumbah, ala-ala endol surendol, yang mana di daerah Indramayu dan Cirebon sangat terkenal bahkan menjadi santapan harian para wanita.

Langkah Pembuatan Rumbah Endol Surendol

Bagaimana resep masak membuat rumbah? Simpel saja. Olahan bumbu yang tadinya khusus untuk rujak, bisa beralih untuk rumbah dengan menambahkan cabai yang banyak. Biasanya olahran rujak hanya memberi beberapa biji cabai sebagai rasa pedas. Namun dalam olahan rujak harus memaksimalkan pemberian cabai. Seperti prinsip sambal yang sudah dijelaskan bahwa sambal memaksimalkan pemberian cabai. Ketika sudah lembut olahan bumbunya, baru dikasih air matang yang banyak untuk bisa disirankan ke kangkung dan teman-temannya.

Namun ada dua versi dalam resep makanan rumbah. Rumbah sambal kacang dan rumbah sambal asam. Rumbah sambal kacang sama untuk kebutuhan membuat rujak, hanya saja porsi kacang sedikit dan porsi cabai yang banyak. Sedangkan rumbah sambal asam memaksimalkan pemberian asam jawa muda sebagai ciri khas atau pembeda. Rumbah sambal asam tidak memakai kacang, murni sambal dan campuran asam muda.

Baca: Resep Membuat Sambal Mangga Harum Manis Indamayu

Bahan-bahan pembuat sambal rumbah:
  • Kacang tanah matang
  • Cabai rawit (cabai apa saja, terpenting pedas) kukus
  • Asam jawa
  • Terasi (boleh tidak memakai ini)
  • Garam
  • Gula Jawa/merah/aren
  • Air
  • Merucu (pisang tertentu yang masih muda. Opsional. Kalau ada)

Bahan-bahan pendamping sambal:
  • Kangkung
  • Toge
  • Kol
  • Soun (mi yang terbuat dari tepung tapioka), mi basah atau bihun
  • Ampas tahu (opsional)

Cara membuat makanan rumbah endol surendol:

Untuk bahan pembuat sambal, anda bisa mengulek-ulek sampai lembut. Bisa juga dibelender bila mengharuskan membuat sambal dalam jumlah banyak.

Semua bahan pendamping sambal harus mengalami proses pemasakan terlebih dahulu. Khususnya masakan mi, bisa dibuat tumisan dengan campuran bawang goreng saja.

Peluang Usaha Rumbah Endol Surendol

Banyak pedagang kecil mengandalkan omset hariannya dengan penjualan rumbah. Ini sebagai strategi penjualan yang akan terjadi duplikasi pembelian. Memang yang dijual hanya rumbah sebagai omzet hariannya, misalnya. Namun rumbah memiliki beberapa teman pendamping sehingga akan menghasilkan duplikasi penjualan. Rumbah biasanya berteman dengan kerupuk, gorengan, minuman es. Rata-rata orang yang membeli rumbah pasti akan berdampingan dengan makanan lain sebagai pelengkap rumbah.

Penjualan rumbah terlaris menurut pengamatan penulis adalah rumbah sambal asam. Rasanya yang gurih, pedas yang dahsyat, dan juga tidak membuat cepat bosen. Hal ini karena rumbah asam mengandung asam sehingga lebih bisa membuat lidah ketagihan. Namun sedikit sekali penjual rumbah asam, bisa jadi karena kesulitan mencari asam mudanya.


0 Response to "Resep Masak Makanan Rumbah Ala-ala Endol Surendol"

Posting Komentar