Peluang Usaha Masakan Nasi Jamblang Cirebon

Siapa yang tidak kenal warung makan nasi Jamblang khas Jawa barat, tepatnya di daerah Cirebon? Mungkin tidak banyak yang mengenal untuk orang di luar Cirebon. Namun bagi warga Cirebon akan mengenal, setidaknya sekedar mengenal nama. Kenapa di kota lain tidak banyak yang mengenal nasi Jamblang tidak seperti nasi padang dan lainnya? Karena tidak banyak penjual di daerah lain karena sulit mendapatkan daun jatinya.

Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah nasi yang dibungkus daun jati. Kebetulan di Cirebon subur tumbuhan jati sampai ada suatu wilayah yang disebut “Gunung Jati”. Aromanya yang khas bila nasi menggunakan bungkus daun jati. Berpotensi menambah nafsu makan bila nasi masih hangat dalam pembukusnya. Kenapa? Aroma daun jati yang harum akan menyebar dan menambah nafsu makan walaupun lauk yang dilahap cuma tempe goreng dan prekedel kentang.

Baca: Resep Masakan Indonesia Potensi Peluang Usaha Terbaik

Bila tidak ada pembungkus daun jati, nyaris sulit dibedakan nama yang disebut warteg dan mana yang disebut warung nasi jamblang. Berbedaan mendasar terletak pada pembungkusnya. Kalau masalah lauk-pauk, bisa saja dikatakan hampir sama. Paling lauk yang bisa menyesuaikan dengan nasi yang dibungkus daun jati adalah lauk yang tidak berkuah. Berbeda dengan warteg, campuran lauk berkuah selalu ada.

Usaha masakan nasi jamblang bisa dikatakan sulit dijumpai di berbagai kota. Seperti yang sudah dijelaskan, nasi jamblang membutuhkan daun jati. Bila tidak ada daun jati, tidak sah dikatakan nasi jambang atau disebut sega jamlang. Bila di kota lain jarang atau sulit mendapatkan daun jati, sulit juga memulai usaha masakannya.

Lalu bagaimana memulai usaha masakan nasi jamblang bila dilakukan di kota lain? Hal ini sebagai inspirasi saja bagaimana memulai usaha dalam kondisi bahan pembungkus yang sulit didapatkan di mana usaha makanan didirikan.

Memilih Lokasi Yang Memiliki Produksi Daun Jati

Tanpa daun jati maka nasi yang dijual tidak akan disebut nasi jamblang walaupun lauk-pauknya yang biasa dipakai di nasi jamblang. Untuk itu, memilih lokasi yang bisa menghasilkan bahan pembungkus daun jati memang penting untuk kelancaran usaha jamblang.

Hal terburuk penjualan nasi jamblang adalah ketika memasuki musim kemarau karena banyak daun jati yang mengering sehingga bisa mengurangi jumlah daun jati. Bagaimana bila ditambah pasokan daun jati yang memang selalu sulit setiap harinya? Wah, potensi usaha masakan nasi jamblang bisa dikatakan kurang baik.

Mengimpor Bahan Jasi Jamblang Dari Cirebon

Yang bisa dilakukan bila membuka usaha nasi jamblang di daerah lain adalah dengan mengimpor bahan nasi jamblangnya langsung dari Cirebon. Ada kasus pengelola rumah makan yang membuka usaha nasi jamblang di Bandung namun kebutuhan nasi jamblangnya berasal dari Cirebon. Hal ini dilakukan bila lokasi bisa dijangkau beberapa jam saja. Bila berada di luar Jawa, bisa sangat kesulitan menjalankannya.

Bagaimana Agar Nasi Jamblang Laris-Manis?

Orang dari daerah lain tidak mengenal yang namanya nasi jamblang. Bila anda membuka nasi Jamblang di daerah lain tentu akan sulit mendapatkan penjualan. Hal terbaik adalah bila anda berada di wilayah yang memiliki kumpulan orang-orang Cirebon. Biasanya di area kampus-kampus ada sekumpulan orang Cirebon. Orang Cirebon masih minat dengan nasi jamblang walaupn sudah berada di daerah lain selama bertahun-tahun. Sehingga target marketnya harus diawali orang Cirebon. Tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan para pelanggan dari daerah lain.

Nasi yang dimasak pun harus pulen dan juga tidak lembek bila mau penjualan nasi jamblang laris-manis. Tentunya, sangat tepat bila kondisi nasi dalam keadaan pulen karena harus menglamai pembungkusan di daun jati terlebih dahulu.

Mau usaha masakan nasi campur sambal pecel? Dapatkan sambal pecel semarang di sini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peluang Usaha Masakan Nasi Jamblang Cirebon"

Posting Komentar