Resep Membuat Sambal Mangga Harum Manis Indamayu


Resep sambal mangga? Bukankah buah mangga diperuntukkan untuk membuat rujak mangga? Apa bedanya sambal mangga dengan rujaknya? Terkadang sebuah kuliner makanan bisa membingungkan. Termasuk dalam hal ini adalah sambal mangga yang secara otomatis akan menggandeng kuliner rujak mangga, erat kaitannya bahkan sulit dibedakan.

Resep Membuat Sambal

Sebelum menjelaskan pada tahap pembuatannya, di sini perlu penjelasan seputar sambal mangga. Sambal mangga yang di maksud adalah ulekan sambal dengan campuran suiran mangga. Kalaupun berganti nama dengan rujak mangga, otomatis masih bisa masuk tanpa ada perubahan. Secara fakta, rujak sendiri terbuat dari sambal kacang. Apa bedanya sambal mangga dengan rujak mangga? Tidak ada.

Namun demi menghindar dari kebingungan, penulis hanya mengambil suatu pandangan yang memang sudah umum diucapkan seperti “sambal mangga” yang resepnya bisa dikatakan sama dengan rujak mangga. Namun tetap memberi warning, bahwa yang dinamakan sambal adalah titik tekannya pada pemberian cabai yang maksimal. Tidak hanya sekedar pedas pada makanan, karena makanan pedas belum tentu dikatakan sambal. Bisa jadi anda hanya memberi ulekkan beberapa cabai lalu dimasukkan ke dalam mi instan sehingga tidak bisa mi instan pedas dikatakan sambal mi.

Kemungkinan bahwa dikatakan resep sambal mangga adalah resep sambal yang menggunakan campuran mangga. Namun tetap, sambal identik dengan ulekan cabai.

Bila anda ingin membuat sambal mangga, maka yang harus diperhatikan memaksimalkan jumlah cabai bukan mangganya. Dalam hal sisiran mangga pun harus diperhatikan yakni disisir kecil berbentuk lidi agar benar-benar menyatu dengan campuran sambal sehingga bisa disebut sambal mangga bukan rujak mangga. Hal ini agar penampilan saat disajikan benar-benar tampilan sebuah sambal.

Hal terpenting dipikirkan adalah mengenai mangga muda. Mangga muda yang seperti apa? Ketika dibuat untuk kebutuhan campuran sambal atau rujak, terpenting kondisi mangga dalam keadaan berdaging tanpa serat. Ada baiknya menggunakan mangga yang konon khas Indramayu, mangga harum manis. Mengapa? Di samping tidak memiliki serat, kadar asam pun tidak berlebihan. Asalkan mangga yang sudah tua dan sedikit sudah menguning.

Langkah Pembuatan Resep Sambal Mangga

Proses membuat sambal sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi. Hampir sama dengan pembahasan sambal yang sudah dibahas dalam blog ini. Kecuali ada pembedaan, maka perlu dijelaskan. Pembedanya terletak pada mangga. Hal terbaik adalah memperhatikan proses penyisiran, melakukan penyisiran berbentuk lidi tipis agar enak disantap bersama nasi putih dan lauk lainnya.

Bahan sambal mangga super sedap :
  • Mangga muda
  • Gula merah sisir
  • Garam
  • Minyak goreng sisa menggoreng terasi
  • Cabai merah keriting
  • Terasi goreng
  • Cabai rawit merah

Anda bisa melakukan kreasi membuat sambal mangga sesuai selera anda. Anda pun bisa menambah atau mengurangi bahan pembuat sambal mangga di atas karena memang tidak ada ciri khas kuliner tertentu. Hal penting yang perlu anda perhatikan adalah takaran cabai sekiranya mencukupi untuk membuat sambal, bukan sekedar tambahan rasa pedas saja.

Peluang Usaha Resep Sambal Mangga

Masalah sambal mangga, anda bisa menjadikan bagian dari menu makanan yang ada di usaha rumah makan anda. Hal ini akan memberi kesan yang variatif seputar menu.

Namun bila ingin menjual murni sambal mangga, bisa merubah menjadi rujak mangga. Dalam hal inilah perlu pemikiran lebih lanjut, apa yang disebut sambal dan apa yang disebut rujak. Pada kesempatan ini, pada intinya peluang usaha rujak mangga laku dipasaran, apapun definisi rujak mangga.

Rujak mangga yang bisa dijual bisa dicampuri dengan pepaya, nanas, bengkoang, jambu air dan hal yang serasi untuk dibuat rujak. Pada intinya adalah penjualan rujak buah yang di dalamnya terdapat mangga.

Namun ada kasus penjualan yang murni menjual mangga dengan menaburi sambal. Bisa dikatakan rujak mangga. Namun cara pemilihan dan pengelolaannya berbeda dengan rujak buah. Biasanya bila khusus rujak mangga, akan memilih mangga yang sudah setengah matang. Mangga pun disir dengan ukuran lebar. Lalu ketika ada yang membeli, cukup mencampuri dengan sambal yang sudah dibuat.

Mau menjual rujak atau sambal mangga dengan cara usaha seperti di atas? Anda bisa menggunakan sambal pecel agar anda berfokus pada usaha sambal pecel mangga. Hal ini menjadi daya tarik sendiri ketika memasuki musim mangga. Bisa memesan sambal pecelnya disini




0 Response to "Resep Membuat Sambal Mangga Harum Manis Indamayu"

Posting Komentar