Tips Resep Masakan Jawa Spesial Sambal Oncom Enak Banget


Sudah tidak diragukan lagi bahwa Jawa kaya akan kuliner nusantara. Termasuk dalam hal ini sambal spesial oncom sebagai salah satu resep masakan jawa. Apakah anda mengenal resep masakan yang satu ini? Anda patut mencoba bila belum pernah merasakan.

 Sambal Oncom

Dulu semenjak sebelum era online, sulit sekali mendapatkan resep-resep kuliner daerah. Kalaupun bisa mendapatkannya, barangkali dalam jumlah yang terbatas. Hanya resep masakan tertentu yang ditampilkan di televisi atau di berbagai media cetak. Namun apakah terjamin resep pinggiran yang tidak kalah enak bisa terpublikasi? Tidak menjamin.

Sekarang era online, banyak resep masakan dari kalangan pinggiran, kampungan, sampai perkotaan yang mudah dipublikasikan. Hal ini sederhana. Karena rata-rata para penyedia informasi pun membutuhkan referensi untuk publikasi. Bila kekurangan bahan, tentu akan mengambil apa saja yang bisa untuk kebutuhan publikasi informasinya. Termasuk adalah mengenai resep masakan jawa spesial sambal oncom.

Apakah anda belum tahu makna oncom? Oncom untuk daerah jawa bagian barat, tepatnya di daerah Cirebon, disebut juga tempe. Oncom bagi masyarakat Cirebon adalah kedelai yang diolah dan diragi untuk dijadikan hidangan lauk-pauk yang lezat. Sedangkan tempe adalah versi bahasa Indonesia-nya. Oncom versi Indonesia menurut orang Cirebon disebut Dage.

Namun, versi daerah sekitarnya yang masih dalam lingkup Jawa Barat, oncom dianggap yang berbeda dengan tempe. Begitu juga untuk daerah jawa lainnya, oncom bukan terbuat dari kacang kedelai. Ada yang mengatakan bahwa oncom terbuat dari ampas kelapa dan ada yang mengatakan dari bahan lain, entah. Yang jelas, oncom sendiri memiliki beberapa variasi yang penulis sendiri kurang memahaminya.

Namun di sini akan membahas resep membuat sambal oncom yang dilansir Resepmasakanjawa13.blogspot.co.id. Dan sejenak lupakan mengenai pemahaman oncom dalam segi pembuatannya.

Baca: Sambal pecel ngawi

Langkah-Langkah Resep Masakan Jawa Spesial Sambal Oncom Enak Banget

Banyak orang yang mungkin tidak menyukai oncom. Namun ketika dibuat sambal, kasusnya seperti membuat sayur oncom campur kuah sambal. Tentunya akan terasa nikmat bila dicampuri pedas-pedas. Hal ini bisa menginspirasi anda bagaimana agar keluarga bisa menyukai oncom. Anda bisa membuat olahan oncom dengan cabai, dalam hal ini sambal oncom.

Bahan untuk membuat sambal oncom :
  • 1 buah oncom atau secukupnya saja
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 5 tangkai daun kemangi atau secukupnya

Bahan untuk sambal :
  • 2 buah cabai rawit keriting
  • 5 cm kencur
  • 3 buah bawang merah
  • 50 gram kelapa yang sudah diparut kasar
  • 2 bawang putih
  • 4 buah cabai merah besar

Menurut informasi yang ada, semua bahan sambal harus mengalami pembakaran. Bagaimana pembakarannya? Anda bisa mencari lebih lanjut di Google. Yang jelas, menurut saran penulis, bisa menggunakan teknik penggorengan tanpa minyak. Teknik pun bisa menghasilkan efek bakar sehingga tidak perlu memakai api langsung.

Cara membuat sambal oncom jawa dengan mudah:

Kalau bahan sambal sudah dibakar, tentu giliran oncom yang mengalami pembakaran. Cara terbaik adalah pengalami penggorengan tanpa minyak. Kenapa? Pertama, tidak terjadi pemborosan minyak karena oncom memiliki daya serap yang kuat. Kedua, rasa oncom akan terasa gurih bila mengalami pembakaran atau penggorengan tanpa minyak. Bila sudah dibakar, ulek sampai hancur.

Ulek semua bahan sambal hingga lembut. Termasuk masukkan garam dan gula pasir saat pengulekkan agar semuanya hancur.

Masukkan kelapa ulek, oncom dan daun kemangi. Campur sampai rata. Selesai.

Peluang Usaha Dari Resep Masakan Jawa Spesial Sambal Oncom

Di sini hanya berbagi bagaimana tips resep masakan yang laris-manis. Apa saja? Berikut penjelasan yang umum diucapkan konsumen:
  • Makanan enak dan tidak mudah bosen
  • Harga murah
  • Sehat

Prinsip di atas harus ada dalam penjualan produk masakan apapun, termasuk makanan kemasan pabrik. Apakah bisa makanan yang plus hidangan spesial berharga murah? Bisa namun dengan target market kalangan yang memang memiliki kantong tebal. Jadi bergantung target marketnya. Bila target mahasiswa, rasa enaknya tidak perlu dalam hidangan spesial kelas restoran, cukup kelas warteg.

Apakah resep masakan sambal oncom bisa untuk peluang usaha? Bila kebanyakan tidak menyukai oncom, tentu sulit sekali menembus area jual-beli kuliner.

Yuk pesan sambal pecel semarang di sini




0 Response to "Tips Resep Masakan Jawa Spesial Sambal Oncom Enak Banget"

Posting Komentar