Resep Memasak Sambal Pecel Ngawi Dari Jawa

Siapa yang tidak mengenal sambal pecel jawa? Banyak orang khususnya daerah Jawa yang mengenal bahkan menjadikannya menjadi teman setiap makan bersama keluarga. Apakah anda menyukai sambal pecel? Sambal pecel memiliki rasa yang enak, gurih dan tentunya menyegarkan sehingga banyak yang menyukai sambal yang satu ini. Di samping rasanya enak, bisa untuk pelengkap segala makanan termasuk lele, nasi, sayuran, dan gorengan dan yang lainnya.


Sambal Pecel

Namun di sini adalah membahas sambal pecel Ngawi. Apa bedanya dengan sambal pecel Madiun, Semarang dan yang lainnya? Entahlah, yang jelas di sini akan membahas sambal pecel Ngawi yang kebetulan dilansir Justtryandtaste.com. Banyak memang yang menjelaskan resep memasak sambal pecel dari beberapa daerah, namun kebetulan mengambil tema resep memasak sambal pecel jawa dari ngawi.

Kalau ingin kemasan sambal pecel siap santap yang berasal dari Semarang tanpa repot-repot mengolah resep menjadi makanan yang lezat, anda bisa memesan sambal disini.

Langkah Resep Memasak Sambal Pecel Khas Jawa Ngawi

Konon bahan resep memasak boleh sama, namun tidak menjamin hasilnya sama. Kenapa bisa seperti ini? Konon lagi, proses membuatnya yang membuat hasil olahan resep bisa berbeda dan ada penambahan bumbu rahasianya. Untuk itu, untuk menghasilkan rasa yang enak, terasa gurihnya dan tentunya menyegarkan harus benar-benar perhatikan cara mengolah bahannya.

Bahan:
  • 1 kg kacang tanah
  • 1/2 kg gula aren
  • 150 gram cabai merah keriting,
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 1/2 bonggol bawang putih (sekitar 7 siung)
  • 20 gram kencur (sekitar 6 buah kencur ukuran 1 ruas jari)
  • 10 lembar daun jeruk purut
  • 3 sendok makan garam
  • 5 sendok makan air asam Jawa yang kental
  • 100 ml minyak

Ada aturan tersendiri dalam menentukan resep memasak untuk sambal pecel.

Lakukan penggorengan pada kacang tanah beserta kulirnya agar hasilnya tidak membuat gosong pada permukaan kacang.

Untuk gula aren, sisir dengan halus agar memudahkan dalam pengolahan. Kenapa harus menggunakan gula aren? Karena gula aren lebih terasa sedap hasilnya bila dibandingkan dengan gula merah biasa.

Untuk cabai, ada perbedaan aturan. Untuk cabai merah keriting bisa potong 3 cm dalam ukurannya. Sedangkan cabai rawiat mereh bisa melakukan pengirisan bagian tengah yang bertujuan agar tidak meletus (gunung berapi kali) saat melakukan penggorenan. Menggunakan cabai rawit merah bila tidak ingin berasa pedas karena kondisi matang pada cabai bisa mengurangi tingkat kepedesan.

Untuk masalah air asem, anda bisa melakukan perendaman asam jawa terlebih dahulu dengan air panas yang bertujuan untuk menghasilkan cairan asam yang kental. Kenapa harus langsung direndam bukan ditumbuk? Bisa untuk menumbuk terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam air panas. Tinggal nanti menyaring agar ampasnya tidak ikut dalam proses memasak

Cara membuat:

Pada dasarnya, awal muasal sambal pecel adalah sambal berisi bumbu kacang yang mengalami proses penumbukkan untuk menghaluskan bahan resep pecel. Namun sekarang zaman sudah canggih untuk penghalusan bumbu yaitu dengan food processor atau blender. Anda bisa memilih mana saja.

Bila mau menggunakan food processor atau blender, anda memisahkan proses penghalusannya. Terlebih dahulu menghaluskan kacang. Kemudian haluskan gula aren.

Siapkan wajan untuk menggoreng cabai, bawang putih, kencur dan daun jeruk. Goreng bahan sampai terlihat layu namun jangan sampai gosong. Bila sudah, anda bisa menghaluskannya dengan food processor atau blender. Kalau mau cara manual, bisa dengan ulekan.

Sekarang saatnya mencampurkan semua bahan dalam satu wadah. Lakukan pengadukkan dengan tangan (dilapisi sarung tangan) agar hasilnya tercampur rata.

Peluang Usaha Resep Memasak Sambal Pecel Khas Jawa Ngawi

Peluang usaha sambal pecel termasuk dalam kategori usaha bumbu resep masak yang sekarang lagi marak dan hampir dikuasai perusahaan besar. Usaha bumbu khususnya sambal pecel termasuk peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh tukang masak yang pandai meracik resep. Bila anda mau membuka usaha sambal pecel, anda tidak perlu khawatir, karena market produk ini cukup bagus dan bisa menarget semua kalangan, baik kalangan konsumen atau pengusaha makanan.

Hal yang harus dilakukan adalah melakukan penjualan secara online agar bisa menarget konsumen kalangan jauh.

Namun untuk awal-awal, anda bisa menarget wilayah kota anda walaupun secara online. Gunakan Facebook untuk mengiklankan sambal pecel. Fokus membangun kedekatan dengan pelanggan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Memasak Sambal Pecel Ngawi Dari Jawa"

Posting Komentar