Resep Bandeng Panggang Spesial Puger Jember


Siapa yang tidak suka ikan bandeng? Percaya deh, banyak yang suka ikan bandeng. Bila anda suka, di sini ingin mencoba menghadirkan resep masakan khas jawa yang satu ini, tepatnya khas Jember. Barangkali anda mau mencoba membuat masakan bandeng panggang yang gurih dan empuk.

bandeng bakar

Ikan bandeng memang termasuk salah satu ikan yang memiliki kekenyalan, sehingga terasa empuk bila dimakan. Rasanya pun gurih. Apalagi bila dibuat bandeng panggang, gurih dan empuknya lebih terasa. Namun yang menjadi masalah adalah, ikan bandeng memiliki duri yang tidak teratur, konon (mungkin salah satu jenis iklan bandeng), seperti informasi yang ada. Bila memiliki duri yang tidak teratur alias duri berada di dalam bagian daging, maka akan mengganggu proses memakannya. Ribet kan bila selalu dihalangi duri setiap menikmati kunyahan ikan bandeng?

Menurut informasi yang ada, masakan ikan yang memiliki duri yang tidak teratur adalah masakan ikan blida, versi bahasa Jawa Barat. Apakah masakan iklan blida sama dengan ikan bandeng? Ikan blida adalah sejenis ikan yang bisa dari hasil asapan. Entah, apakah sejenis ikan bandeng atau bukan.

Biasanya ikan bandeng dibuat dengan panci presto agar duri menjadi lunak sehingga bisa dimakan bersama dagingnya. Namun bagaimana bila bandeng dibuat panggangan? Hal ini terserah anda. Apakah dimasak terlebih dahulu dengan panci presto atau langsung dipanggang. Hal yang umum tentu langsung dipanggang karena ikan memiliki daging yang lembut sehigga tidak boleh mengalami dua kali pematangan.

Ketika langsung dipanggang, ada dua pilihan, apakah dalam kondisi utuh atau terbelah. Hal ini bergantung selera anda. Namun itu bergantung kondisi ikannya, apakah berbentuk pipih atau bulat lonjong. Bila ikan berbentuk pipih, yang terbaik adalah dipanggang dalam kondisi utuh. Namun bila berbentuk bulatan lonjong, maka bisa utuh atau dibelah terlebih dahulu sekaligus untuk melepaskan duri.

Langkah Resep Masakan Bandeng Panggang Spesial Puger Jember

Membuat masakan bandeng panggang yang penting dibutuhkan adalah alat pemanggangnya. Bila tidak ada alat pemanggangnya, bagaimana mau dikatakan bandeng panggang? Alangkah baiknya bila berselera memanggang sesuatu tentu harus membeli alat panggangnya.

Mari kita membuat bandeng panggang yang spesial resep puger jember

Bahan yang perlu dipersiapkan:
  • Tentunya ikan bandeng. sesuaikan pilihan ikan sesuai selera anda
  • Jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  • Garam
  • Bisa menambah msg bila ingin sedikit menyedapkan rasa
  • Cabe rawit. Bisa menggunakan cabe sesuai selera anda.
  • Belimbing wuluh
  • Terasi puger panggang
  • Gula pasir. Tidak perlu menggunakan ini bila sudah memakai msg
  • Kemangi
  • Tomat

Cara membuat bandeng panggang khas puger jember

Hal terpenting dalam memasak bandeng panggang adalah terletak pada sambal terasinya. Sehingga bahan-bahan pembuat bandeng panggan diolah untuk membuat sambal. Terkecuali jeruk nipis yang bertujuan hanya untuk menghilangkan bau amis.

Seperti membuat resep masakan sambal pada umumnya, silahkan lakukan pengulekan sesuai selera anda. Bila dalam porsi yang banyak, maka bisa menggunakan alat brender agar pengerjaannya jauh lebih cepat.

Coba variasi sambal lain dengan sambel pecel Semarang, lihat disini

Untuk masalah memanggang bandeng, di sini hampir dikatakan atau bisa dikatakan tidak memakai bumbu-bumbu. Artinya memanggang ikan tanpa bumbu. Tidak seperti pada umumnya proses pemanggangan. Apakah ini khas Puger Jember atau tidak, anda bisa menambah variasi bumbu lain dalam proses memanggang ikan.

Langkah Usaha Masakan Bandeng Panggang Spesial Puger Jember

Bisa dikatakan membuka usaha panggang ikan membutuhkan tempat yang strategis, bangunan yang luas dan tentunya memiliki variasi menu lain yang mendampingi menu utama yakni bandeng panggang. Sama halnya seperti anda membuka makanan serba laut yang membutuhkan tempat khusus.

Apakah bisa usaha bandeng panggang dengan memakai gerobak keliling? Hampir dikatakan jarang orang berjualan bandeng panggang dengan memakai gerobak keliling. Rata-rata penjualan bersifat panggang atau bakar hanya ada pada ayam dan kambing.

Catatan yang harus diperhatikan dalam membuka usaha maskan bandeng panggang khususnya khas jember adalah memiliki kolam khusus penampungan ikan. Mengapa? Pemanggangan ikan yang bagus adalah ikan yang masih segar alias baru diambil dar kolam.

Untuk informasi peluang usaha kuliner atau masakan bisa baca detail di sini




0 Response to "Resep Bandeng Panggang Spesial Puger Jember"

Posting Komentar