Tips Usaha Kuliner Masakan Campur Sambel Pecel Semarang


Mau membuka usaha kuliner yang mengandalkan campuran sambal pecel? Perlu anda ketahui bahwa usaha menggunakan campuran bahan sambal diminati banyak konsumen. Satu contoh, pecel lele, digemari banyak orang dari berbagai daerah. Padahal olahan lele bisa berbagai macam dengan bumbu yang tidak kalah dengan sambal pecel. Namun ternyata olahan dengan campuran sambal pecel menjadi daya tarik banyak konsumen. Tidak salah kan bila anda membuka usaha yang lain dengan campuran sambal pecel?

Sambel Pecel

Sambal pecel konon berasal dari daerah Jawa, walau demikian bisa jadi sudah ada di daerah lain, di luar Jawa. Namun, pada intinya penulis ingin mengenalkan sambal pecel Jasa, khususnya sambal pecel Semarang. Bila mau membuka usaha, anda bisa menggunakan sambal pecel semarang,

Apa saja peluang usaha kuliner yang mengandalkan sambel pecel? Sebenarnya banyak, tidak harus menggunakan lele atau yang di sebut pecel lele. Ada banyak yang lainnya seperti pecel sayur. Pecel sayur saja ada banyak variasi lagi, ada sayur mentah atau matang. Pada intinya sambal pecel bersifat fleksibel, hanya sebatas bumbu penyedap bahan utama yang bisa dari nasi, lele, sayuran, gorengan, dan sebagainya.

Bagaimana menjalan usaha kuliner (makanan) yang mengandalkan sambal pecel? Dalam hal ini, anda bermain cepat saja. Terpenting penjualan cepat habis.

Memesan Sambal Pecel Terdekat Anda

Bila anda berada di derah semarang, sangat tepat bila memesan sambal pecal yang ada di dareah semarang. Hal ini berkaitan dengan ongkos kirim. Bila memesan di daerah yang sama, hanya membutuhkan waktu sehari bahkan satu jam saja untuk sampai ke tempat tujuan. Anda bisa belanja banyak sambal pecel yang akan dijadikan usaha kuliner. Hal terbaik memang membeli sekaligus, misal 10 botol, yang nantinya bisa di simpan ke dalam lemari es.

Catatan terbaik adalah, fokuslah berlangganan ke 1 penjual saja bila sudah menemukan yang tepat. Kenapa? Bisa jadi rasa yang diberikan berbeda-beda. Anda sudah tahu sendiri bahwa setiap penjual pecel memiliki resep rahasia yang bisa berbeda-beda.

Apakah bisa membuat sendiri? Tentu bisa. Masalahnya, tambah repot lagi dalam hal penyediaan bahan untuk kebutuhan membuat sambal pecel. Bila usaha kuliner anda tidak hanya 1 jenis, misal pecel lele tetapi berbagai hal pecel, membuat sambal pecel sendiri tentu akan direpotkan. Mengurus lele saja, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bagaimana bila disertai mengurus sambal pecel?

Apakah mau usaha pecel pakai sambal/bumbu pecel semarang? Anda bisa melihat penawaran sambel pecel Semarang disini

Pakai Gerobag Dorong

Paling efektif untuk memulai usaha adalah memakai gerobak dorong bila hanya menjual 1 jenis pecel, misal hanya menjual pecel lele. Hal ini untuk menghemat dalam biaya sewa kios dan bisa menarget pasar yang lebih ramai. Seperti yang terlihat dilapangan, penjual rujak dadak, penjual pecel lele, rata-rata membuka dengan gerobak dorong walaupun mereka mangkal di salah satu tempat.

Bila usaha kuliner serba pecel sudah terlihat sukses, bisa membuka peluang kerja bagi yang mau bertugas menjual usaha yang anda dirikan. Namun resiko ini bisa menimbulkan konflik antar penjual yang bekerja di tempat anda karena pasti target lokasinya berdekatan. Anda bisa memikirkan bagaimana mengatasinya.

Tingkatkan Dengan Teknik Mangkal

Hal terbaik adalah membuka kios atau bangunan untuk penjualan masakan pecel. Sudah ada kasus, hanya mengandalkan usaha rujak dadak dan sejenisnya, bisa mendapatkan penjualan laris-manis. Namun yang menjadi catatan adalah, berpotensi jenuh dalam konsumtif. Anda bisa menyiasati berbagai variasi penjualan walaupun tetap menu utama adalah masakan pecel. Hal ini dilakukan bila usaha anda hanya mangkal, tidak bisa untuk keliling.

Misal saja yang dijual adalah sayur pecel seperti pakai kangkung campur sambal pecel semarang, maka bisa menggunakan variasi:
  • Es dingin atau minuman dingin
  • Gorengan yang sesuai dengan sayur pecel
  • Variasi kerupuk
  • Penjualan nasi pecel juga
  • Dan sebagainya

Karena menggunakan teknik mangkal, memilih lokasi yang ramai, ramai karena menjadi tempat perkumpulan adalah langkah yang tepat. Biasanya target yang bagus berada di area kampus dan sekolah. Rata-rata pembeli yang memang membutuhkan makanan segera, misal karena laper habis belajar.




0 Response to "Tips Usaha Kuliner Masakan Campur Sambel Pecel Semarang"

Posting Komentar