Resep Makanan Mendol Tempe enak Dari Jawa Timur

Kali ini membahas resep makanan mendol tempe. Bahan utamanya dari tempe. Sebelum membahas, saya ingin bertanya, apakah anda kenal lebih dekat bahan resep yang namanya tempe? Anda mungkin mengenai hanya sekedar bentuk dan rasa. Apakah kenal lebih dekat? Kebanyakan tidak. Buktinya masih banyak orang yang meremehkan kandungan gizi pada tempe. Bahan dasar tempe dari kedele, anda bisa bayangkan sendiri khasiat dari kacang kedel. Apakah anda tahu? Mungkin anda hanya mengenal dari bentuk dan rasa.

Mendol Tempe

Entah anda mengenal lebih dekat tentang kedelai atau tidak, secara khusus mengenal tempe atau tidak, yang jelas penulis akan menghadirkan dan memperkenalkan resep makanan yang khas dari Jawa Timur yaitu mendol tempe. Apakah anda mengenai mendol tempe? Bagi yang berada di Jawa Timur kebanyakan akan mengenalnya.

Mendol tempe kemiripan namanya bisa disejajarkan denga mendoan tempe. Bisa jadi keduanya adalah makanan yang anda sukai. Penulis sendiri lebih menyukai mendoan tempe karena rasanya yang gurih, bisa disejajarkan dengan gorengan cipeng (bisa jadi bakwan goreng namun cipeng berbentuk lebar-pipih). Bagaimana dengan anda? Namun di sini hanya akan membahas resep makanan mendol tempe yang rasanya enak dan gurih.

Baca: Resep Masakan Jawa Botok Jagung Khas Blitar

Langkah Mudah Resep Makanan Mendol Tempe enak Dari Jawa Timur

Setiap memasak sesuatu pasti membutuhkan resep yang sudah siapkan. Resep lebih tepat dikatakan sebagai jalan menuju pintu kelezatan makanan. Tanpa resep, maka tidak akan menemukan kelezatan pada makanan yang kita konsumsi.

Sebagian orang bahkan merahasiakan resep dapurnya agar kelezatannya tidak dijiplak orang lain.

Resep makanan sekedar langkah-langkah sederhana namun bekeradaannya sangat penting. Termasuk resep sederhana mendol tempe yang keberadaannya bisa diperhitungkan sebagai bagian dari kekayaan resep masakan nusantara.

Berikut penjelasan resep makanan yang dilansir dari Resepmasakankreatif.com. Anda bisa mengembangkan menjadi lebih baik.

Bahan mendol tempe enak khas jawa timur:
  • 1/4 kg tempe
  • Minyak goreng
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun jeru
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan daun bawang

Untuk bahan tempe, anda harus mengukusnya terlebih dahulu. Bila sudah matang, bisa menumbuk sekedar untuk menghancurkan rekatan butiran tempe. Jangan lupa, untuk mengiris-iris daun jeruk dan bawang.

Bahan untuk bumbu yang dihaluskan :
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1 buah cabai rawit merah
  • 1 cm kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah

Cara membuat mendol tempe enak khas jawa timur:

Tahapan ini bisa dikatakan tahapan eksekusi. Hasil terbaik atau tidak bisa jadi dalam proses pemasakan. Biasanya menyangkut tingkat kematangan yang bisa menggagalkan atau memberhasilkan proses pengaplikasian resep makanan.

Bagaimana cara membuat tempe mendol? Berikut langkah yang perlu diperhatikan.

Siapkan wadah untuk proses pengadukan bahan-bahan. Masukkan dalam wadah seperti tempe, bawang, daun jeruk, bumbu halus, garam dan juga gula pasir (bagi yang menyukai MSG, silahkan mengganti gula pasir dengan kataran yang sehat).

Bisa dikatakan mendol mirip dengan prekedel tempe. Anda bisa membuat bulatan seukuran makanan prekedel tempe atau seukuran cekungan telapak tangan orang dewasa.

Di tahap ini akan menentukan apakah mendol tempe anda enak atau pahit karena kegosongan. Pastikan harus memperhatikan api. Cukup api sedang saja dalam penggorengan. Tunggu dalam penggorengan agar tidak gosong.

Dalam menikmati mendol tempe, anda bisa dilengkapi dengan sambal-sambalan. Bisa dengan sambal pecel semarang yang enak, klik disini.

Peluang Usaha Makanan Mendol Tempe enak Dari Jawa Timur

Anda bisa membuka usaha makanan yang lauknya bisa menggunakan mendol tempe, salah satunya. Biasanya berbentuk warteg yang cocok untuk menghadirkan menu-menu yang belum dikenal. Kenapa harus berbentuk ala warteg? Di sini bukan berarti jenis bangunan dan namanya harus sama. Hanys saja mirip warteg dalam hal pelayanan lauk-pauknya. Biasanya, pembeli akan memilih-milih lauk-pauk yang dihadapannya. Memang berdasarkan kebiasaan pada pemilihan lauknya. Tetapi ada rasa ingin mencoba lauk terbaru, misal mendol tempe. Bila lauk terbaru rasanya enak, akan berlanjut untuk waktu makan berikutnya.

Menjadikan lauk yang terbaru pada usaha makanan bila resep atau makanan mendol tempe belum familiar.

Artikel terkait bahan tempe: Resep Masakan Sambal Tumpang Khas Kediri

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Makanan Mendol Tempe enak Dari Jawa Timur"

Posting Komentar