Makanan Nasi Gegok Campur Sambal Teri Khas Trenggalek


Bosen memakan nasi polos? Anda bisa mencoba makanan nasi gegok. Nasi yang dimasak dengan berbagai campuran, dalam hal ini campuran berisi sambal teri. Banyak variasi memasak nasi dengan dicampuri bumbu-bumbu pilihan untuk melepas rasa bosan anda memakan nasi putih. Bila anda ingin mencoba nasi gegok campur sambal teri, anda bisa membuatnya dengan mudah.

Nasi Gegok

Langkah Mudah Membuat Nasi Gedok

Pada dasarnya titik tekan resep nasi gegok adalah terletak pada sambal terinya. Anda bisa melihat resep masakan teri seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, baca: Resep Sambal Terasi Yang Mudah. Di sini tidak menjelaskan ulang bagaimana membuat sambal teri. Anda bisa membaca artikel tersebut.

Dalam membuat nasi gegok, anda perlu repot membuat sambal teri terlebih dahulu. Baru kemudian memikirkan pemasakan nasi.

Proses membuat makanan nasi gegok cukup mudah dengan menghadirkan aroma khas daun pisang karena ada proses pembungkusan pada tahap pengukusan. Pada awalnya memasak nasi terlebih dahulu sampai setengah matang. Bisa dikatakan seperti proses membuat makanan buras (nasi yang dibungkus dengan daun pisang untuk pengukusan) namun untuk nasi gegok tidak perlu sampai mengalami pembuburan. Cukup setengah matang. Lalu bungkus dengan daun pisang sesuai variasi tampilan yang umum dilakukan. Sebelum dibungkus, tentu memasukkan sambal teri terlebih dahulu. Setelah itu kukus sampai 15 menit.

Alangkah baiknya pemasakan nasi setengah matang dengan dicampuri bumbu yang lain sehingga rasanya akan menyatu dengan nasi. Bisa dikatakan membuat nasi uduk putih walaupun mungkin di luar dari ciri khas nasi gegok. Hal ini untuk menambah kenikmatan di area nasi. Baru ketika proses pembungkusan, bisa dimasukkan sambal teri untuk menambah nikmat dan gurih pada nasi gegok. Campuran ini akan lebih mengkayakan rasa dari nasi gegok. Anda bisa mencoba memvariasikannya.

Bagaimana dengan sambal pecel? Bisa coba di sini

Peluang Usaha Nasi Gedok

Penjualan nasi gegok bisa dipasangkan dengan nasi kucing atau penjualan kuliner kelas ringan yang bisa dibawa-bawa atau bertempat lesehan. Hal ini karena tampilan nasi gegok memiliki khas tersendiri yaitu dengan teknik pembungkusan. Sehingga teknik penjualan selayaknya pedagang kue yang berkeliling.

Menjual nasi gegok bisa dilakukan dan hanya cocok di waktu pagi karena takaran atau kemasan nasi gegok cocok untuk kebutuhan sarapan. Dengan penawaran harga yang murah, makanan ini akan laris-manis dibeli para pekerja, pelajar, dan sebagainya yang membutuhkan sarapan.

Anda bisa menarget tempat yang ramai ketika menjelang pagi. Bukan bermaksud di area pasar. Namun maksud ramai adalah ramai para pelajar, pekerja dan sebagainya. Sebagai contoh kasus tempat yang ramai, bisa anda lihat di kawasan rumah sakit rawat jalan. Di rumah sakit banyak sekali para pekerja, pasien, dan pedagang yang menjual nasi bungkus seperti nasi gegok. Hal ini mencontohkan keramaian yang tepat untuk penjualan nasi untuk sarapan pagi.

Penjualan nasi semodel nasi gegok memang harus terjual cepat. Misal mulai penjualan ketika masuk jam 6 pagi, tepat berada di depat rumah sakit warat jalan dan tempat keramaian lainnya. Maka jangan sampai nasi tidak terjual sampai jam 10 pagi. Bila sampai terlewat, tentu rasanya kurang enak. Mengapa bila terlalu lama tersimpan menjadi tidak enak? Hal ini karena ada pembungusan dari daun pisang yan memiliki aroma tersendiri.

Makanya harus memperhatikan lokasi dalam menjual makanan nasi gegok. Catatan pentinya adalah lokasi yang ramai berisi para pekerja, pasien dan sebagainya.




0 Response to "Makanan Nasi Gegok Campur Sambal Teri Khas Trenggalek"

Posting Komentar