Resep Masakan Sambal Tumpang Khas Kediri


Resep masakan dari Indonesia memang unik dan bervariasi. Kali ini membahas mengenai sambal tumpang yang berasal dari kediri. Masakan tradisional ini dianggap unik dalam segi nama. Apa arti sambal tumpang? Bagaimana asal-muasal mengenai nama tersebut? Di sini tidak bisa menjelaskan bagaimana arti penamaan pada sambal tersebut. Yang jelas sekilas bisa mengartikan makna dari kata tumpang menurut bahasa Indonesia yang sudah walaupun bisa berbeda bila menurut arti Jawa.

Sambal Tumpang

Apakah anda menyukai sambal tumpang khas kediri? Sambal ini terbuat dari tempe sebagai bahan utamanya dan tentunya disertai beberapa campuran cabai. Konon bisa dijadikan campuran dengan nasi pecel. Namun terpenting, anda bisa mencoba membuatnya dengan resep masakan yang akan dihadirkan di sini.

Penjelasan Langkah Penerapan Resep Masakan Membuat Sambal Tumpang

Seperti biasa awal penjelasan adalah memperkenalkan bahan-bahan yang harus anda siapkan. Barangkali anda belum tahu mengenai resep masakan dalam pembuatan sambal tumpang. Bila anda sudah tahu, mungkin akan menerka-nerka mengenai bahan yang akan dibutuhkan, apakah sanggup mendapatkan bahannya atau tidak. Yang jelas, bahannya masih kelas pasaran tradisional.

Beberapa bahan sebagai resep masakan sambal tumpang:

  • 3 buah cabai merah besar
  • 100 gr tempe yang telah di inapkan
  • 10 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm jahe memarkan
  • 300 ml santan kelapa
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 2 sendok makan ebi
  • 1 sendok teh garam
  • 5 siung bawang putih
  • 200 gr tempe segar
  • 3 butir kemiri, sangrai

Apakah bahan-bahan di atas sudah terpeuhi dalam dapur anda sebagai persiapan memasak sambal tumpang? Kalau sekedar bahan utama tempe, tentu sangat mudah karena banyak penjualnya yang beredar di pasar-pasar dan pedagang rumahan. Namun yang menjadi sulit adalah, anda harus membeli semua bahan di atas yang terbilang banyak. Untuk sebagian orang tentu merepotkan kecuali ada kepentingan untuk membuat sambal tumpang.

Walaupun anda sepertinya malas membuat resep masakan sambal tumpang. Namun di sini akan membahas mengenai cara pembuatannya, barangkali tergerak untuk mencoba. Bagi pecinta kuliner dan tukang masak, tentunya akan mencoba berbagai resep dan bisa jadi mencoba resep sampal yang satu ini.

Cara membuat sambal tumpang :
  1. Rebus air putih, masukkan tempe, bawang putih, kemiri, cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah, rebus hingga matang, angkat lalu tiriskan.
  2. Lakukan pengulekan pada tempe dan lainnya dari hasil rebusan sampai terlihat tampilan yang alus.
  3. Bumbu yang sudah halus, bisa masukkan dalam wajan sambil dicampuri santan, merica bubuk, gula pasir, ebi, garam, penyedap rasa bila diperlukan. Aduk rata.
  4. Hidupkan kompor lalu masak sambil di aduk aduk hingga rata.
  5. Tambahkan dengan daun jeruk, daun salam, jahe dan lengkuas, masak sampai mendidih.
  6. Setelah kuah sedikit menyusut, angkat dan sambal tumpang siap untuk disajikan.

Apakah sulit menerapkan hal di atas? Tentu tidak sulit namun merepotkan. Lebih baik anda membeli sampai kemasan yang siap makan di toko-toko sambal, warung makan atau bisa memesan secara online.

Peluang Usaha Masakan Sambal Tumpang

Tidak semua orang mau direpotkan dengan pembuatan suatu makanan dengan segudang bahan yang perlu disiapkan. Terkadang bahkan harus mencari-cari terlebih dahulu yang cukup merepotkan.

Nah, dari kasus konsumen yang ingin simpel, anda bisa membuka usaha yang menyiapkan berbagai kuliner temasuk memasukkan menu makanan yang bahan bumbunya menggunakan sambal tumpang. Apakah perlu bisa memasak sambal? Tidak perlu. Sebagian pedagang yang ingin simpel, mereka mengandalkan sambal milik produsen lain. Jadi anda bisa menyiapkan dalam hal warung makan saja.

Usaha yang mengandalkan masakan sambal tumpang tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi variasi masakan lainnya seperti sambel pecel semarang dan sebagainya.




0 Response to "Resep Masakan Sambal Tumpang Khas Kediri"

Posting Komentar