Resep Masak Bakmi Jawa Godog

Resep Masak Makmi Jawa Godog - Bakmi jawa atau biasa disebut mi jawa tentu memiliki ciri khas tertentu. Tentunya bahan-bahan yang sebagai ciri khas makanan jawa. Cara pemasakan mi rebusnya (godog) pun dengan menggunakan anglo atau tugu yang terbuat dari tanah liat. Pengolahan mi pun tidak tercampur banyak pemesan dalam satu tempat pemasakan. Sehinngga satu racikan khusus untuk 1 pemesan yang tentunya akan mempengaruhi rasa dari bakmi. Dengan dicampuri daging ayam kampung, tentu akan menambah nikmat sebuah bakmi.

Resep-Mie-Godog-Jawa

Masak memasak mi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia terutama Jawa, mengingat olahan ini yang sepertinya tidak membuat lidah orang Indonesia bosan. Terbukti, beberapa perusahaan sudah banyak mengeluarkan variasi olahan mi sampai menguasai jagat kuliner bila kaitannya dengan makanan pabrikan. Memang rasanya yang enak dan tidak membuat bosan di lidah.

Bila dikaitkan dengan bakmi jawa, tentu sudah menjadi hal umum mengingat banyak penjual seputar bakmi. Apa bedanya bakmi dengan mi goreng? Menurut analisa penulis, perbedaan bakmi dengan mi goreng terletak pada cara pengolahannnya. Bakmi lebih kepada perebusan sedangkan mi goreng sampai pada titik pengolahan dengan minyak. Di samping dengan cara direbus, bakmi juga diberi suiran daging ayam dan bahan pelengkap lainnya. Kalau mi goreng, biasanya hanya menggunakan telur saja atau hanya sayuran saja.

Bagaimana resep masak untuk membuat bakmi jawa godog? Berikut penjelasan cara pembuatan yang dilansir Tokomesin.com:

Langkah Resep Masak Pembuatan Bakmi Jawa Godog

Biasanya banyak resep masak mi yang dihadirkan dalam bakmi jawa sesuai selera tukang masaknya. Bila resep untuk usaha bakmi, biasanya ada bahan tertentu yang dirahasiakan. Namun setidaknya anda bisa membuat bakmi dari bahan yang banyak beredar seperti bahan di bawah.

Bahan pembuat bakmi jawa godog:
  • 100 gr daging ayam
  • 300 gr mie kuning basah
  • 1 buah tomat
  • Seledri
  • Cabai rawit hijau
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 siung bawang merah
  • 500 ml air kaldu ayam hasil sisa pengolahan ayam
  • 1 sdm saus tiram
  • Daun bawang

Bakmi jawa biasanya menggunakan ayam kampung yang disuir-suir tipis. Namun bila anda lebih menyukai bakmi dengan ayam negeri, silahkan saja untuk mengganti.

Bumbu Halus :
  • 4 siung bawang purih
  • 1 sdm ebi
  • 1 sdt lada
  • Garam seperlunya
  • 2 butir kemiri

Cara Membuat Bakmi Jawa Godog :

1. Rendam mie dan cuci bersih. Tujuannya untuk menghilangkan tepung putih yang ada di dalam mi. Mi untuk bakmi biasanya menggunakan mi basah tanpa ada lapisan minyak yang biasa ada di sebagian mi.
2. Tumislah bawang merah, tomat dan cabai sampai berbau harum. Langkah resep masak ini biasa dilakukan untuk semua masakan mi sehingga tidak diartikan hanya ada pada bakmi jawa.
3. Lanjutkan dengan memasukkan kaldu ayam, bekas merebus ayam yang siap untuk bakmi jawa. Masukkan juga saus tiram, kecap. Biarkan sampai mendidih. Bila sudah terlihat mendidih, masukkan ayam yang sudah disebus. Anda bisa memotong kecil-kecil ayamnya. Terakhir masukkan mi menjadi satu olahan.
4. Untuk memantapkan rasa, bisa ditambahkan kaldu bubuk seperlunya dan pastikan jika semua rasa sudah sesuai
5. Masukan sawi, seledri dan daun bawang. Didihkan sebentar saja dan angkat.
6. Angkat dan beri taburan bawang goreng diatasnya.

Peluang Usaha Pengolahan Resep Masak Bakmi Jawa

Usaha bakmi jawa godok tergolong usaha pekerja keras karena harus melayani konsumen dengan penuh kerja keras. Bila pelanggan harian berjumlah banyak, tentu pengerjaan akan membutuhkan banyak tenaga. Bisa jadi akan mengandalkan karyawan baru yang bisa memasak membuat bakmi. Usaha seperti ini bisa disejajarkan dengan usaha nasi goreng, mi goreng dan yang lainnya yang membutuhkan proses memasak.

Sebenarnya ada cara simpel menjalankan usaha bakmi. Yaitu dengan terlebih dahulu menyiapkan olahan bumbu resep masak bakmi agar tidak perlu pengolahan bumbu. Paling hanya proses pencampuran mi dengan bumbu saja.

Market untuk usaha bakmi terbilang bagus, hampir sepadan dengan market bakso, karena bisa menarget segala umur, baik anak-anak sampai orang tua. Karena market terbilang bagus, menjalankan usaha ini bisa di tempat mana saja. Namun untuk menghasilkan penjualan yang banyak, bisa dilakukan di tempat kumpul-kumpul seperti di area kios. Biasanya area kios ramai pengunjung. Bisa manfaatkan tempat kios ini untuk berjualan. Namun tempat kios ada keterbatasan. Solusi terbaik tentu memilih tempat kios yang masih kosong agar bisa di tempat.


0 Response to "Resep Masak Bakmi Jawa Godog"

Posting Komentar