Resep Sambal Terasi Yang Mudah

Ada apa dengan resep sambal terasi? Bukankah kebanyakan sambal menggunakan bahan terasi? Bila memang banyak sambal yang terbuat dari terasi sebagai salah satu bahan sambal, tentunya bisa dianggap bahwa sambal yang mengandung terasi disebut juga sambal terasi. Apakah seperti ini? Mungkin anda ingin sekali berkata, “bukan!”. Dan memang pembahasan sambal yang satu ini membuat kita harus mengalah bahwa tidak semua sambal yang mengandung terasi disebut juga sambal terasi. Oke! Setuju dengan keadaan ini.

Sambal Terasi

Entah bagaimana problematika mengenai sambal yang mengandung bahan terasi, yang jelas bahan terasi menjadi andalan untuk olahan sambal. Serasa kurang sedap bila sambal tidak diberikan secuil terasi yang aromanya sedikit penyengat hidung, tidak enak. Apalagi bila sambal sudah dianggap sambel terasi, maka sangat lucu bila pemberian terasinya hanya secuil.

Baca: Resep Sambal Udang Petai Spesial Enak

Apakah anda menyukai terasi? Sebagian tidak menyukai rasa terasi yang menyengat sehingga tidak cocok mengkonsumsi sambal terasi. Namun sebagian besar tidak menyukai aroma terasi yang belum diolah walaupun mereka menyukai olahan terasi yang ada di dalam sambal karena dianggap menambah nafsu makan. Termasuk yang menulis pun menyukai olahan terasi yang ada di sambal.

Terasi terasa enak karena bahan dasarnya pun berasal dari udang rebon. Anda tahu sendiri bagaimana rasanya udang rebon bila dibuat “pindang rebon” khas Jawa Barat Cirebon. Tentu, tetap enak rasa udang rebon bila dibuat terasi asalkan cara pembuatannya benar.

Lalu bagaimana resep sambal terasi? Pembahasan resep yang satu ini memang sederhana, tidak sulit. Bahkan resepnya bisa seperti anda membuat sambal dadak mentah. Hanya saja bila mau dianggap sambal terasi seharusnya porsi terasinya lebih banyak dari sekedar sambal dadak. Apakah sambal dadak sendiri porsi terasinya banyak? Bila banyak, ya tentu bisa disebut sambal terasi dadak mentah namanya.

Langkah Mudah Resep Membuat Sambal Terasi

Ibu-ibu yang ada diperkampungan pasti paling jago membuat sambal terasi. Karena keseharian mereka sering mengkonsumsi sambal terasi daripada sambal lainnya. Di samping mudah dibuat, tentu rasanya enak.

Lalu bagaimana resep yang digunakan ibu-ibu di kampung?

Bahan utama :
  • 10 buah cabai merah keriting, digoreng
  • 1 buah tomat merah, digoreng
  • 2 sendok teh terasi, digoreng
  • 2 butir bawang merah, juga di goreng
  • 4 siung bawang putih, seperti bawah putih yang digoreng
  • 5 buah cabai rawit merah, digoreng lagi
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan-bahan yang harus digoreng, tentunya digoreng terlebih dahulu sebelum mengalami pengulekan. Biasanya ibu-ibu kampung menggoreng bahan-bahannya sekalian dalam satu wajan agar bersama-sama juga matangnya. Dalam penggorengan bahannya jangan sampai kering akibat terlalu lama digoreng. Cukup sampai layu saja.

Biasanya olahan sambal terasi untuk kebutuhan hajatan tidak didahului dengan penggorengan bahan-bahannya. Namun mengalami proses pengulekan atau lebih gampangnya dengan mem-blender. Setelah selesai, baru mengalami penggorengan sambil memasukkan bahan-bahan lain yang tidak masuk dalam pem-bender-an.

Baca: Resep Masakan Sambal Tumpang Khas Kediri

Peluang Usaha Dari Resep Sambal Terasi

Banyak sekali rumah makan yang melayani pemesanan untuk kebutuhan hajatan seperti maulidan, haul, dan acara-acara yang biasa dilakukan kalangan muslim Indonesia atau kegiatan acara pendidkan. Biasanya mereka membuat suatu kotak makanan yang di dalamnya berisi ayam, tumisan, lalapan dan juga sambal terasi sebagai sambalnya. Tentu saja, strategi penjualan sambal terasi dengan cara seperti ini berpotensi terjual banyak. Keuntungan dari sambal terasi bisa dihitung sendiri sesuai jumlah pemesanan. Jadi tidak bisa berdiri sendiri dalam penjualan sambal terasi.

Apakah anda berminat membuka rumah makan yang melayani pemesanan kotak makanan untuk kebutuhan acara mereka? Pastikan anda memiliki ciri khas pada sambal terasinya. Karena pembeda yang kental ada di bagian sambal terasinya.


0 Response to "Resep Sambal Terasi Yang Mudah"

Posting Komentar