Resep Mudah Sambal Dadak Mentah


Sambal dadak? Bagaimana resep mudah membuat sambal dadak mentah? Sebelum menjelaskan, alangkah baiknya anda menikmati terlebih dahulu pembahasan mengenai sambal, dadak dan mentah. Karena pembuatan sambal ini dianggap mudah jadi harap sabar dulu untuk mengetahui langkahnya bila anda belum tahu maksud dari sambal dadak yang akan dijelaskan di sini.

Sambal Dadak

Sambal, sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga dan mata masyarakat Indonesia. Karena kebanyakan orang sudah pernah merasakan gurihnya sambal, pedas namun terasa ingin nambah menikmati pedasnya. Ketika menulis tentang sambal pun sampa lidah mengkeluarkan alir liur sedikit seakan ingin menikmati pedasnya sambal. Apakah anda merasakan hal yang sama ketika membaca tulisan ini? Bisa jadi anda pun mengeluarkan air liur, membayangkan sambal sedang berada di lidah anda, menggigit-gigit lidah sampai anda tidak nahan ingin menyembur-nyembur.

Yang pastinya, sambal terbuat dari cabai bukan dari merica atau bahan lainnya. Tanpa menggunakan cabai, tidak bisa dianggap sambal.

Kalau disertai dadak untuk rangkaian kata sambal, tentunya ada makna tersendiri. Apa artinya? Seperti yang sudah anda ketahui makna dari kata “dadak”. Bentuk kata kerjanya biasa disebut “mendadak”. Apakah anda tahu kata mendadak? Artinya tidak ada persiapan, langsung berbuat sesutu karena keadaan tertentu. Mendadak bila dikaitkan dengan sambal, berarti proses pembuatan sambal tanpa perlu perencanaan. Asal ada cabai dan garam, bisa diulek dibuat sambal. Jadilah istilah “sambal dadak”.

Sambal dadak mentah berarti sambal yang dibuat dengan bahan-bahan yang masih mentah. Namanya juga sambal dadak, otomatis bahannya pun tidak perlu mengalami proses pemasakan. Sehingga sambal dadak identik dengan sambal mentah, sebuah sambal yang tidak perlu mengalami proses memasak.

Bagaimana resep mudah membuat sambal dadak mentah? Karena mendadak, tentunya mudah.

Resep Mudah Pembuatan Sambal Dadak Mentah

Dalam hal ini, bahan-bahannya tidak perlu harus banyak. Terpenting ada cabai dan garam pun bisa. Namun bila ingin lebih komplit lagi dalam pembuatannya. Karena selera orang berbeda-beda. Terpenting adalah tidak mengalami proses pemasakan. Namanya juga resep mudah, tentu tidak perlu repot-repot memasak. Seadanya saja.

Bahan-bahan untuk membuat sambal dadak mentah paket komplit:
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk limau kita ambil airnya
  • 1 buah tomat merah kita potong potong
  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1 sendok teh terasi bakar
  • 30 gram gula merah

Cara membuat sambal dadak mentah :
- Masukkan bahan resep sebagian dulu.
- Ulek dengan pelan sampai halus.
- Masukkan lagi bahan yang belum diulek.
- Ulek dengan pelan sampai halus lagi

Mudah dan cepat bukan membuat sambal dadak? Anda bisa menikmati sambal dadak ketika memasuki makan siang. Makan siang sangat tepat bila ditemani sambal dadak dengan aneka lalapannya terutama lalapan dari ikan bandeng asap.

Peluang Usaha Dengan Sambal Dadak Mentah

Resep mudah sambal dadak mentah bisa dijadikan pelengkap untuk peluang usaha makanan. Biasanya digunakan untuk warung makan lesehan yang berisi bebapa lalapan. Tentu saja ada peminat sambal dadak karena rasanya yang gurih, masih terasa aroma bahan-bahan sambalnya seperti ada aroma bawang, aroma cabai, aroma lainnya yang khas ada pada sambal dadak mentah.

Sambal dadak mentah cocok sebagai pendamping usaha warung makan yang menggunakan menu bandeng presto, bandeng asap, lalap jengkol (petai) atau yang lainnya. Karena rasa sambalnya bisa menyatu dengan menu tersebut.




0 Response to "Resep Mudah Sambal Dadak Mentah"

Posting Komentar