Aneka Resep Masakan Jawa Botok Tahu Sehari-Hari

Apa enaknya masakan jawa yang bernama botok tahu? Apakah resep botok berasal dari jawa? Entahlah. Namun di daerah Jawa Barat ada botok dan berdasarkan pencarian kata kunci di situs setelah mencari “Resep Masakan Jawa”, masakan botok berasal dari jawa walaupun tidak tahu pasti berasal dari daerah jawa yang dimana. Namun hal itu tidak penting. Terpenting, apakah enak masakan jawa yang bernama botok tahu?


Sebelum menajawab, apakah botok tahu dikatakan enak atau tidak, maka perlu penjelasan mengenai masakan ayam. Menurut anda, gorengan ayam tanpa bumbu sama sekali, apakah enak? Atau makanan ayam namun ternyata sudah dikonsumsi setiap hati. Apakah enak bila sering makan ayam? Bila dibandingkan rasa resep, sepertinya tidak ada bedanya antara botok tahu dan botok ayam. Bahkan bila sama-sama dibuat botok, jauh lebih enak botok yang dari tahu daripada yang dari ayam. Tidak percaya? Silahkan coba memasak sendiri.

Menurut selera lidah kampung, tiap hari mengkonsumsi botok tahu, tidak sebosen dengan mengkonsumsi ayam tiap hari. Itu sebabnya, makan daging perlu dijarangkan. Artinya, daya tahan enak suatu daging-dagingan tidak berlangsung lama. Jadi, menurut pendapat lindah orang kampung, botok tahu enak rasanya untuk dijadikan menu harian. Walau demikian, memvariasikan botok tahu penting dilakukan. Jadi di sini akan menjelaskan aneka resep masakan jawa botok tahu yang mungkin khas jawa.

Langkah Membuat Botok Tahu Mentah Sederhana Sehari-Hari

Langkah membuat makanan botok tahu ini cukup mudah. Bahkan semua pemasakan botok memang mudah. Bagaimana cara membuat botok tahu seperti ini? Berikut penjelasannya.

Bahan:

- Tahu mentah, putih atau kuning
- Bawang merah
- Cabai
- Garam
- Penyedap rasa
- Air

Mudah bukan? Oh belum dijelaskan. Tetapi memang mudah. Tinggal melakukan penggerusan bawang merah, cabai, garam dan penyedap rasa. Setelah itu masukkan tahu mentah untuk digerus, diulek juga.

Bila sudah, tambahkan sedikit air, tidak perlu sampai benyek. Tujuannya untuk menyatukan adonan saja.

Anda bisa mengukusnya saja dengan daun pisang, atau piring. Bila mau ditambah dengan pemepesan, maka harus menggunakan daun pisang.

Catatan untuk memepes, agar tidak gosong daunnya bahkan sampai ke botok tahunya, lebih baik pemepesannya dengan teknik pelapisan minyak dalam wajan. Jadi anda memepes dalam wajan dengan ditambah minyak goreng. Hal ini sudah berlaku dalam usaha botok pepes.

Bagaimana variasi resep masakan botok tahu lainnya?

Langkah Membuat Botok Tahu Mentah Enak Dan Gurih

Bila botok tahu ingin terasa gurih, resep di atas bisa ditambah dengan parutan kelapa muda. Bila sudah ada campuran kelapa mudah, jangan bilang tidak gurih ya. Kecuali anda melakukan pemepesan tahu, bisa jadi berkurang rasa gurih dari botok tahu.

Langkah Membuat Botok Tahu Matang Sederhana Sehari-Hari

Anda sudah tahu kan tahu matang. Tahu yang anda beli bisa langsung dimakan. Nah, tahu seperti ini jauh lebih enak dengan botok mentah. Mengapa jauh lebih enak? Karena memadukan gurihnya tahu dan adonan resep botok. Namun sayangnya, kurang tepat bila ditambah bahan parutan kelapa. Untuk itu, anda bisa mengabaikan bahan parutan kelapa. Tetapi bisa juga sih, menambahkan parutan kelapa agar tambah gurih.

Agar terkesan mewah, bisa menggunakan putih telur dalam membuat botok tahu. Tetapi bila sudah dikasih parutan kelapa, tidak perlu memakai putih telur.

Anda bisa memepesnya agar terasa gurihnya walaupun sudah gurih dengan hanya mengukus botok.

Langkah Membuat Botok Tahu Mentah Kelapa Dan Udang


Resep yang di atas tentang membuat botok tahu dengan tahu mentah bisa dikreasikan dengan bahan resep yang lain yakni kelapa dan udang. Pada dasarnya, campuran kelapa dan udang adalah untuk membuat masakan yang lain yakni pelas. Dan pelas pada dasarnya adalah jenis botok juga melihat dari cara pengolahannya. Nah, dari masakan pelas, bisa membuat botok yang campurannya adalah kelapa dan udang.

Maksud udang di sini adalah kepala udang. Biasanya kepala udang dibuang sia-sia saja. Memang kotor juga kalau dipakai. Tetapi dimanfaatkan dengan terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Ketika sudah, bisa melakukan pengulekkan sampai lembut. Setelah itu campurkan kelapa parut dan juga tahu mentah.


0 Response to "Aneka Resep Masakan Jawa Botok Tahu Sehari-Hari"

Posting Komentar