Resep Masakan Nangka Muda Khas Jawa Barat

Resep masakan nangka muda khas jawa barat? Seperti apakah? Apakah sama dengan gudeg? Entahlah, lebih baik fokus pada olahan yang diklaim khas jawa barat. Olahan makanan ini memang salah satu yang paling diminati banyak orang. Biasanya kalau di Cirebon disebut juga “Jangan Ketewel”. Mengapa salah satu yang paling populer? Di samping rasanya gurih, enak dan nyaman di lidah, juga karena mungkin masakan ini sering berdasarkan momentum. Kecuali di Jogja. Jarang sekali penjual yang memasak ini, kecuali rumah makan padang. Hasil pengamatan kecil di area Cirebon. Tetapi olahan nangka muda khas padang berbeda dengan khas jawa barat, sepertinya.


Memang nama nangka sebenarnya berbeda-beda. Nangka kecil bernama katibabal. Nangka sedang yang masih muda dan mentah namanya ketewel, sepertinya. Namun buah nangka atau nangka mateng, itulah yang disebut nangka. Tetapi penyebutan yang berbeda-beda tersebut sebenarnya tetap disebut nangka. Hanya saja ada penambahan sebagai pembeda nama. Katibabal dan ketewel tentu hal yang berbeda dalam hal spesifikasi. Tetapi secara kesatuan nama, sama yakni sama-sama nangka.

Bagaimana cara memasak nangka muda khas jawa barat? Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa nangka muda berkaitan dengan getah nangka yang memang tidak boleh termakan. Bagaimana bisa anda memasak nangka muda khas jawa barat di saat masih ada tetesan getah pada nangka? Maka dari itu, penting sekali untuk membiarkan terlebih dahulu dalam sehari agar getah yang dalam nangka habis keluar. Cara yang bisa dilakukan adalah bekas potongan nangka muda harus posisikan ke bawah, ke dalam tanah. Biarkan selama 1 hari.

Setelah itu, lakukan pemotongan kecil-kecil berbentuk lingkaran sesuai bentuk nangka. Biasanya masih ada bekas getah yang tidak keluar. Anda bisa bersihkan terlebih dahulu dengan kertas. Bila sudah habis, potong kecil-kecil lagi untuk proses pemasakan. Selanjutnya memang tinggal merebusnya terlebih dahulu sebelum pemasakan berikutnya.

Di sini kita bisa menilai nilai gizi makanan nangka mudah khas jawa barat mengingat ada dua kali pemasakan. Pertama, memasak untuk mematangkan sementara. Kedua, memasak yang disertai racikan bumbunya. Otomatis banyak vitamin yang hilang. Bila seperti itu, apakah boleh hanya satu kali pemasakan saja? Bisa jadi boleh. Hanya saja, tradisi yang biasa dilakukan adalah memasak dua kali. Hanya saja yang kedua kali tidak selama pemasakan pertama. Maka bisa membagi rata yakni pemasakan kedua hanya setengah matang saja.

Langkah Resep Masaka Nangka Muda Khas Jawa Barat

Langkahnya mudah dalam membuat olahan nangka muda atau kalau kata orang jawa adalah Gudeg dan kalau kata orang Cirebon adalah “jangan ketewel”. Dalam hal ini mengambil resep dari resepnasidansambal.blogspot.co.id.

Bahan utama yang diperlukan :
  • 300 gram nangka muda
  • 200 gram daging sup (opsional)

Bumbu :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sdt terasi
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdt gula merah
  • 2 lembar daun salam
  • 500 cc santan dari 1/2 butir kelapa
  • garam secukupnya

Langkah pembuatannya sudah bisa kan? Haluskan bumbu. Iris dan matangkan nangka muda dan daging (daging sekedar opsional). Lalu masak bumbu yang sudah dihaluskan. Ketika sudah matang dalam olahan bumbu, baru memasukkan nangka mudah dan daging untuk diolah kembali. Pemasakan nangka muda kedua tidak perlu lama

Usaha Masakan Nangka Muda Khas Jawa Barat

Bagaimana mengenai peluang usaha olahan nangka muda khas Jawa barat? Sepertinya masih rumah makan padang yang memanfaatkan nangka muda untuk kebutuhan usaha masakan kecuali di Jogja. Ketika anda makan di rumah padang, biasanya ada saja olahan nangka muda. Namun ketika anda makan di warteg, tidak ada sama sekali olahan nangka muda. Mengapa demikian? Walaupun olahan nangka muda cukup populer, tetapi untuk mendapatkan nangka muda tidak mudah, sepertinya. Perlu kerjasama dengan pemilik kebun nangka untuk kebutuhan produksi masakan. Maka hanya pelaku usaha kelas menengah yang bisa menghadirkan olahan nangka, sepertinya.

Biasanya nangka muda lebih populer dijual untuk kebutuhan olahan sayur asem mengingat bahan dasarnya yang tidak perlalu banyak. Kalau untuk kebutuhan produksi nangka muda seutuhnya, jarang yang menjual untuk itu. Hal ini karena buah nangka sendiri memiliki nilai jual yang bagus untuk kebutuhan campuran es buah, es nangka, kripik nangka dan sebagainya.




0 Response to "Resep Masakan Nangka Muda Khas Jawa Barat"

Posting Komentar