Resep Masakan Jawa Bakwan Goreng Spesial Pedas

Gorengan yang satu ini, bakwan, adalah salah satu masakan yang banyak dicari. Entah berasal dari jawa atau dimana, mengetahui variasi resep masakan gorengan menjadi hal yang penting diketahui. Bukan untuk ibu rumah tangga saja, melainkan untuk para pelaku usaha kuliner atau lebih khusus usaha gorengan. Banyak sekali penjual kecil-kecilan gorengan bakwan dan temannya, cenderung laku. Bahkan seperti menjadi cemilan wajib para pelajar dan mahasiswa ketika sedang berkumpul ngobrol atau mengerjakan tugas.


Gorengan bakwan adalah salah satu jenis varisai gorengan yang berbahan tepung campur adonan sayoran. Ada beberapa hal yang sejenis seperti cipeng yakni gorengan yang terbuat dari tepung bercampur daun bawan, daun kol namun bentuknya gepeng alias tipis. Atau bakwan isi tahu dan sayur yang sekarang lagi nge-trend dengan istilah gorengan tahu kaget, yang tentu rasanya pedas-pedas gurih yang sebagai isi dari tahu. Intinya memang berbahan dasar yang sama namun mengalami variasi jenis.

Hal ini yang mendorong membuat tulisan seputar resep masakan jawa bakwan goreng yang memang berfokus pada pedas. Namun, tidak mengharuskan pembahasan seperti yang sudah dijelaskan yakni bakwan tahu kaget atau lainnya yang harus ada pedas-pedas ketika proses pembuatan. Bisa dengan menggabungkan aneka sambal sebagai resep gorengan spesial pedas. Bisa juga dengan memberikan cabai sebagai teman gorengan bakwan.

Langkah Resep Membuat Bakwan Goreng

Membuat bakwan goreng berbentuk bulat apalagi bulan bulatan yang rapih memang sulit. Biasanya olaharan bakwan goreng para pedagang adalah olahan yang dianggap berhasil. Ketika anda membuat bakwan goreng sendiri, bisa jadi kurang terasa enak. Hal ini mungkin sudah menjadi resep khusus yang bisa diketahui bila anda mau membayar salah satu pedagang untuk membocorkan resepnya.

Seperti apa bakwan yang dianggap berhasil? Kenyal tetapi tidak alot kalau dimakan. Tetap selalu terasa renyah atau bahasa lain adalah tidak lembek walaupun sudah dingin. Renyah disini kapasitasnya tentu sebagai bakwan bukan kerupuk. Hal ini berkaitan dengan bahan resep. Mungkin resep di bawah tepat untuk menghasilkan bakwan yang di maksud.

1. Bahan-Bahan Bakwan Goreng

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram kol, cuci dan iris iris
  • 1 buah wortel kita kupas kulitnya dan potong bentuk korek api
  • 1 batang daun bawang kita iris iris
  • 150 gram tauge panjang
  • air secukupnya
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok ketumbar bubuk
  • 2 sendok teh bawang putih halus
  • bubuk kunyit secukupnya saja

2. Cara Membuat Bakwan Goreng

Cara membuat bakwan memang mudah. Ya mudah. Kali ini tidak menjelaskan cara membuatnya. Tetapi bagaimana bakwan bisa enak bila dicampuri cabai? Seperti pengalaman dalam tumis, nasgor dan lainnya, ketika cabai ikut digoreng, sepertinya kurang enak rasa pedasnya. Maka dari itu, menghindari cabai terkena penggorengan langsung harus dihindari.

Ada yang sedang nge-trend sekarang dengan istilah tahu kaget. Memang sejenis bakwan juga dalam laposan untuk tahunya. Tetapi dalam isi tahu berisi campuran sayur dan tidak lupa cabe merah. Ketika dimakan, pedas, bikin lidah melet. Tetapi karena terhindar dari penggorengan cabe secara langsung, akhirnya kondisi pedasnya terasa enak, masih ada rasa-rasa cabenya. Hal ini menginspirasi bagaimana proses membuat bakwan goreng pedas tetapi rasa cabenya masih tetap terjaga.

Mungkin hal yang mudah adalah membuat olahan sambal, dalam hal ini sambal pecel. Tinggal bakwan di cocol ke dalam sambal atau dicampur menjadi satu menjadi hidangan bakwan sambal pecel. Bila butuh sambal pecel, silahkan kunjungi www.sambelpecelsemarang.com, klik di sini

Tetapi bila ingin dicampur saat penggorengan. Bisa menaruh cabai yang sudah lembut ke bagian tengah bakwan. Ketika digoreng, tidak sampai terkena penggorengan. Namun sebagai catatan, cabai harus diolah, direbus dulu dengan menaburi resep lain agar rasa olahan cabai terasa enak. Bisa juga cabai diblender sampai lembut lalu bercampur dengan bahan tepung dan lainnya sehingga bisa berbaur menjadi satu.


0 Response to "Resep Masakan Jawa Bakwan Goreng Spesial Pedas"

Posting Komentar