Resep Masakan Jawa Nasi Goreng Rasa Cabai

Kali ini membahas resep masakan jawa nasi goreng yang kedua kali. Langkah membuat nasi goreng yang akan dijelaskan tetap sama. Hanya saja akan menjelaskan bagaimana tentang nasi goreng rasa cabai. Apakah sudah tahu sebelumnya nasi goreng rasa cabai? Bila belum, mungkin anda penasaran dengan pembahasan kali ini.


Hal yang harus anda pahami adalah tidak semua cabai bisa digunakan untuk campuran nasi goreng alias nasi goreng rasa cabai. Mengapa? Ada cabai rawit yang aromanya agak wangur bila digerus. Apakah harus cabai panjang merah atau hijau? Itu pun tidak cocok karena tidak terlalu pedasnya. Pemberian cabai pada nasi goreng sebenarnya hal yang sia-sia. Pedas yang dihasilkan untuk nasi goreng, seperti tidak terasa pedas. Untuk itu, memang tidak bisa sembarangan memilih cabai.



Lalu cabai apakah yang harus dipakai? cabai yang harus dipakai adalah cabai rawit gunung. Di sini menyebut cabe rawit gunung bisa jadi bukan nama sebenarnya. Di sebut cabai rawit gunung karena biasanya digunakan untuk teman makan tahu Sumedang. Rasa cabai yang tidak wangur membuat cocok untuk dibuat campuran nasi goreng. Tahu sendiri kan bagaimana daerah Sumedang? Cenderung dingin. Nah, cabai itu pun disebut cabai gunung.

Sebenarnya terlalu bertele-tele seputar cabai yang pada dasarnya karena tidak tahu nama aslinya. Mencari nama cabai di Google, malah disebut cabai tegak mengingat bentuknya yang tegak mulus daripada cabai lainnya. Intinya, bentuk cabainya seperti gambar di bawah.



Cabai rawit di atas rasa pedasnya kuat, menyengat tidak seperti cabai rawit lainnya.

Langkah Membuat Nasi Goreng Rasa Cabai

Resep masakan nasi goreng yang akan dibuat sama seperti resep lainnya. Hanya saja, dalam pemberian cabai, tidak mengalami penggorengan seperti pada umumnya. Biasanya bumbu akan terlebih dahulu digoreng seperti bawang, cabai dan yang lainnya. Tetapi kali ini tidak mengalami penggorengan cabai.

Alasan cabai tidak mengalami penggorengan tentu untuk menguatkan aroma cabai. Bila digoreng di dalam minyak, cabai akan kering. Kalau bawang goreng, digoreng malah tambah enak. Tetapi tidak untuk cabai. Maka, untuk menguatkan aroma dan rasa cabai, tidak digoreng. Di samping itu, kalau cabai digoreng, pedasnya akan terasa kurang. Anda bisa bandingkan kuah campur cabai dengan ulekan cabai tanpa air, pedasan yang mana? Satu cabai saja, bila untuk kuah, pedasnya akan terasa. Kalau tidak berkuah, pedasnya kurang, apalagi mengalami penggorengan.

Berapa banyak cabai yang dibutuhkan? Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ini adalah langkah membuat nasi goreng rasa cabai. Jadi usahakan yang banyak, seperti 1 menggenggam telapak tangan. Walau begitu, anda bisa rasakan sendiri bahwa cabai tidak terlalu pedas ketika memakan nasi goreng. Makanya, harus banyak.

Sebelum cabai dimasukkan ke olahan nasi yang sedang digoreng, alangkah baiknya untuk mengulek cabai terlebih dahulu. Usahakan selesai ngulek, langsung dicampur ke dalam nasi goreng. Hal ini dilakukan ketika sudah bercampur dengan bumbu lainnya agar tidak perlu lama cabai dalam gorengan. Kalau nasi goreng mau diberi campuran kecap maka bisa masukkan cabai terlebih dahulu ke dalam nasi goreng. Baru setelah sedikit penggorengan, kasih kecep

Peluang Usaha Nasi Goreng Rasa Cabai

Peluang usaha nasi goreng bisa dikatakan laku bahkan paling laku diantara makanan nasi lainnya ketika masuk malam hari. Nasi goreng adalah teman makan di malam hari. Jarang bahkan tidak ada orang yang berjualan nasi goreng di siang hari. Hal ini karena nasi goreng cenderung membuat tubuh panas apalagi bercampur dengan cabai. Jadi, kebanyakan penjual nasi goreng mulai membukanya saat malam hari.

Lalu apakah resep masakan jawa yang satu ini cocok untuk dijadiakan peluang usaha?

Cabai cenderung banyak untuk kebutuhan pembuatan nasi goreng ini. Namanya juga nasi goreng rasa cabai. Rata-rata penjual nasi goreng tidak terlalu mengunggulkan pemberian cabai mengingat nasi gorengnya sendiri sudah berefek panas di tubuh, apalagi diberi banyak cabai. Jadi, sepertinya tidak cocok untuk kebutuhan penjualan. Hanya bisa untuk dinikmati sendiri, dinikmati keluarga.


0 Response to "Resep Masakan Jawa Nasi Goreng Rasa Cabai"

Posting Komentar