Botok Oncom Pepes, Resep Masakan Jawa Barat Enak

Resep masakan jawa kali ini masih menghadirkan resep membuat botok, dalam hal ini botok oncom pepes yang lebih condong di area jawa barat mengingat produksi oncom yang populer ada di area jawa barat. Namun ada hal yang perlu diketahui soal oncom, barangkali di dareah jawa yang lain pun ada oncom walaupn dengan nama yang beda. Bahasa Indonesia memang tidak terlalu kaya bahasa daerahnya. Oncom di daerah Cirebon, malah tempe walaupun sama-sama berada di area penghasil oncom. Justru yang disebut nama untuk oncom adalah dage, kalau di area Cirebon. Jadi, apalah arti nama, terpenting adalah wujudnya.


Seperti gambar di atas. Itulah yang disebut oncom alias dage (jenis kuning) dan juga oncom pepes yang akan dijelaskan nanti. Walaupun terlihat menijikan dalam kondisi mentahnya, terlihat sekali jamur-jamur di luarnya yang sepertinya tidak layak dikonsumsi, tetapi bila merasakan masakan botok oncom pepesnya, lidah anda akan ketagihan. Botok oncom pepes yang akan dijelaskan nanti, bisa membuat nafsu makan anda bertambah.

Apakah oncom bisa diolah menjadi resep masakan jawa yang lain? Bisa. Dan yang mengejutkannya, masakan yang dicampuri oncom, bisa meningkatkan kualitas rasa. Jadi tidak heran bila botok oncom bisa menaikkan nafsu makan.

Namun yang menjadi catatan mengolah oncom adalah jangan menggoreng oncom. Mengapa? Di samping belum tahu pasti rasanya bagaimana, juga memiliki daya serap terhadap minyak yang tinggi. Hal ini karena kondisi oncom yang cenderung mirip gabus membuat tidak layak untuk digoreng. Kalau dicampuri dengan tepung untuk digoreng, itu tidak menjadi masalah.

Langkah Resep Botok Oncom Pepes

Langkah membuat botok oncom pepes sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan membuat botok tahu. Hanya saja, ada bahan khusus yang perlu ditambahkan ke dalam resep botok oncom. Bila bahan khusus tidak dimasukkan, masakan botoknya seperti tidak terasa enak. Hal ini karena bahan khusus yang dicampuri ke dalam botok oncom memiliki perpaduan yang serasi. Bukan hanya bahan, melainkan ada cara khusus yang berbeda ketika bahan khusus dimasukkan.

Lebih jelas, seperti ini bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat botok oncom pepes.

1. Bahan-bahan:

- Dage alias oncom mentah kuning
- Bawang merah
- Cabai
- Garam
- Penyedap rasa
- Kemangi
- Sereh
- Air

Menurut tradisi membuat masakan botok oncom alias dage, selalu tidak melupakan pemberian daun kemangi. Hal inilah yang membuat botok oncom terasa enak. Aroma daun kemangi memang menyatu dengan olahan botok oncom. Tidak lupa juga memberikan bahan batang sereh karena justru akan menambah nikmat. Tetapi bila hanya cukup dengan bahan daun kemangi, silangkan saja.

2. Langkah-langkah

Seperti pada umumnya membuat botok, tentu dong melakukan penggerusan alais pengulekan terlebih dahulu. Hanya saja untuk batang sereh, bisa menumbuknya di akhir-akhiran saja. Tidak berupaya menjadikan batang sereh lembut melainkan hanya menjadikannya lunak saja. Yang tidak digerus hanya daun kemangi saja.

Bila sudah, hal yang harus dilakukan adalah adalah memasukkan botok oncom ke dalam daun pisang. Apakah boleh hanya dimasukkan ke dalam piring seperti halnya membuat botok tahu atau tempe? Karena mengandung daun sereh dan kemangi, alangkah baiknya harus menggunakan daun pisang agar aroma dari bahan itu tidak keluar.

Langkah berikutnya boleh dilakukan atau tidak. Namun karena di sini membahas resep botok oncom pepes, maka bisa dilanjutkan ke tahap pemepesan. Pemepesan yang bagus harus menggunakan wajan yang berisi lapisan minyak agar lapisan daun atau botok tidak gosong.

Selamat menikmati


0 Response to "Botok Oncom Pepes, Resep Masakan Jawa Barat Enak"

Posting Komentar