Resep Masakan Jawa Sambal Bu Kaji Halal?

Penulis blog resep masakan jawa mendapat info bahwa sambal pecel semarang milik Hj.Sartinah mendapatkan HAKI sehingga nama produk sambal diganti dengan “Sambal Bu Kaji”. Info berikutnya adalah akan keluar surat halal dari MUI untuk produk Sambal Bu Kaji. Di sini pembahasan lebih ke kehalalalan sebuah sambal khususnya Sambal Bu Kaji.


Hal yang perlu diketahui adalah, halal atau tidaknya sebuah masakan bergantung resepnya. Mungkin secara tampilan menggoda, secara rasa enak, tetapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana resep memasaknya, apakah halal? Bisa jadi memasukkan minyak dari babi sehingga masakan tumis kangkung pun dianggap haram. Padahal tumis kangkung harusnya halal mengingat bahan utama kangkung tidak dianggap najis atau bukan hal yang dilarang untuk di makan.

Apakah Resep Produk Masakan Sambal Pecel Dari Sambal Bu Kaji Halal?

Hal yang diketahui secara umum, bahan-bahan pembuat sambal dianggap halal. Namun sekali lagi, yang namanya resep tidak hanya bahan tetapi juga proses memasak. Ketika memasak, apakah benda yang dipakai pernah bercampur dengan benda najis seperti memasak babi, misalnya wajan untuk memasak babi? Walaupun bahan-bahan resep dianggap halal tetapi dalam prosesnya dianggap haram, tentu akan menghasilkan masakan yang haram.

Namun ketika sudah mendapatkan surat halal dari MUI, sudah mendapatkan label halal dari MUI, baik resep masakan dan pengelolaannya bisa terjamin kehalalannya. Maka dari itu, Sambal Bu Kaji dianggap halal mengingat akan mendapatkan label halal.

sambal kemasan merk bu kaji


Pemahaman Mengenai Produk Masakan Haram

Ada bentuk atau kriteria yang membuat masakan menjadi haram. Seperti yang sudah dijelaskan, bahannnya tidak haram tetapi malah makannnya haram karena prosesnya ada hal yang diharamkan.
Nah, di sini pengertian haram atas masakan bukan sekedar zat bahannya dianggap haram dimakan seperti bahan mengandung zat berbahaya seperti ganja kering, misalnya.

Perlu anda ketahui, ada keharaman bahan resep bisa tidak sampai merusak masakan. Memang anda memasak mi, misalnya. Karena ketidaktahuan anda, anda memasukkan bakso yang ternyata haram. Kaharaman bakso bukan karena najis melainkan ada sesuatu hal. Nah, mi yang anda makan tidak sampai haram, tetapi baksonya yang haram dimakan. Selagi bahan bakso tidak sampai merusak kehalalan mi, mi tetap halal.

Ada juga yang diakibatkan bercampur sesuatu yang najis. Segala sesuatu bahan najis jelas haram untuk dimakan. Namun bahan najis bisa menularkan kenajisannya apabila dalam kondisi basah. Pada dasarnya mi yang terbuat dari bahan halal dan bumbunya dari bahan haram masih dalam kondisi terpisah. Kalau pun anda memakan mi saja, tetap boleh. Tetapi mi tentu membutuhkan bumbu. Karena bumbu dianggap mengandung najis atau yang bisa merusak masakan, akhirnya seluruh masakan mi, baik sedikit atau banyak tetap dianggap najis alias haram.

Arti masakan haram pun tidak hanya berlaku pada bahan dan pengolahannya. Ketika uang untuk membeli bahan berasal dari uang haram, otomatis masakan tersebut menjadi masakan haram. Namun hal ini tidak masuk dalam daftar pengkajian MUI sebagai syarat mendapatkan label halal.
sambal bu kaji 

Jangan Ragu, Sambal Bu Kaji Halal

Anda penyuka sambel pecel jawa? Tidak perlu ragu untuk mencoba sambel pecel dari Sambal Bu Kaji yang berasal dari semarang. Kenapa tidak perlu lagu? Karena sudah dikaji oleh MUI dan sebentar lagi akan keluar surat halal alias mendapatkan label halal dari MUI. Dengan adanya label halal pada suatu masakan khususnya pada Sambal Bu Kaji, anda bisa sehat lahir dan batin.


0 Response to "Resep Masakan Jawa Sambal Bu Kaji Halal?"

Posting Komentar