Jual Sambal Pecel Online Bisa Laku?

Blog resep masakan jawa kali ini ingin membahas lagi mengenai sambal pecel. Pembahasan jual sambal pecel secara online ini khusus untuk para pengecer yang mengikuti program dropship atau reseller biasa. Pembahasan ini pun berlaku untuk berbagai jenis produk secara khusus produk sambal, sambal pecel. Karena masalah sambal pecel hanya persoalan sampel produk. Segala jenis produk yang sejenis (dalam hal ini produk masakan, olahan makanan-minuman) dengan sambal pecel bisa masuk. Misal saja menjual bumbu aneka olahan sayur-mayur, maka bisa masuk dalam pembahasan ini.


Apakah jual sambal pecel online bisa laku? Pertanyaan sederhana tetapi perlu pembahasan yang sepertinya mendalam. Mengapa harus mendalam? Banyak orang berjualan secara online asal jualan saja. Mereka jualan sepatu, baju tetapi tidak memikirkan secara mendalam hal teknis yang membuat si produk jadi laku. Hal ini banyak betebaran di jagat online. Yang beli pun yang penting gaya, beli lewat online.

Sekali lagi, apakah jual sambal pecel bisa laku? Bisa saja. Namun ada beberapa persyaratan bisa ingin sambal pecel yang anda jual laku. Berikut masukannya:

1. Sambal Pecel Bukan Produk Pasaran

Yang di maksud sambal pecel produk pasaran adalah merek yang sedang anda jual secara online sudah banyak dipasaran. Contoh saja Sambel Bu Kaji yang merupakan pecel dari Semarang. Bila pecel merek Sambal Bu Kaji banyak tersebar di kawasan Semarang, atau bahkan seluruh Indonesia maka produk tersebut kurang laku di pasaran mengingat bisa dengan mudah didapatkan secara offline via minimarket atau lainnya.

Kalau di sekitar masyarakat sudah ada sambal pecel merek lain, asalkan Sambal Bu Kaji sekitar itu sulit mendapatkannya, bisa jadi akan ada orang yang membeli Sambal Bu Kaji mengingat selera akan cita-rasa sambal bisa jadi berbeda. Inilah produk yang bukan pasaran. Artinya, harus memperhatikan bagaimana suplier dalam upaya jual sambal pecel di sekitar masyarakat.

sambal kemasan merk bu kaji

2. Harga Jual Produk Sambal Pecel Tidak Melebihi Harga Pasaran Atau Suplier

foto sambal bu kaji dengan dewi sandra


Hal ini tidak berlaku bagi pengecer yang mengikuti sistem reseller biasa. Kalau menggunakan sistem dropship, harus perhatikan bentul masalah harga yang dipatok suplier. Apakah status anda sebagai pembeli biasa atau memang dikhususkan sebagai reseller atau pengecer? Hal ini penting diperhatikan.

Waktu itu pernah ada yang menawari dropship bahkan ada yang melalui marketplace dropship alias kumpulan para dropshiper (suplier yang menyediakan sistem dropship). Namun sayangnya, harga jual yang berlaku untuk para reseller sama dengan harga pasaran produk. Katakanlah produk A dengan harga reseller 60.000. Ternyata di pasaran, produk A memang seperti itu. Kalau anda mengikuti suplier yang memberlakukan harga jual produk seharga seperti itu, penjualan anda sulit laku karena sulit bersaing dengan harga pasaran. Harga jual produk jauh lebih mahal agar mendapat untung.

Begitu juga harga jual antara reseller dan suplier, jangan melebihi harga yang ditetapkan suplier. Mengapa? Karena bisa beralih ke suplier dalam membeli produk, dalam hal ini sambal pecel.

Bagaimana dengan sambal pecel dari Sambal Bu Kaji? Masih bisa diikuti lah mengingat harga eceran masih bersifat berlaku untuk pengecer. Namun bila dijual ke konsumen umum, harga seragam antara suplier dengan si pengecer. Untuk harga pasaran, tidak berlaku mengingat supliernya adalah justru merangkap produsen yakni pemilik Sambal Bu Kaji.

Sekarang ini Sambal Bu Kaji menyediakan sistem reseller dan juga dropship. Kalau sistem reseller penjualannya bersifat paket sedangkan dropship per item produk. Namun khusus dropship hanya berlaku untuk penjual kawasan Semarang saja.


0 Response to "Jual Sambal Pecel Online Bisa Laku?"

Posting Komentar