Tips Lezat Resep Masakan Jamur Musim Hujan

Tips Lezat Resep Masakan Jamur Musim Hujan - Musim hujan ini, alangkah baiknya membahas resep masakan lezat yang ada di kampung penulis. Tepatnya di Cirebon. Resep ini berkaitan dengan jamur yang muncul ketika musim hujan. Apakah di daerah anda ada jamur musiman, tepatnya ketika musim hujan? Biasanya ada jenis jamur yang sudah mentradisi untuk dicari seperti jamur sembagi, barat, barat ulan, kebo, dan siung. Jamur itulah yang familiar dicari dan dikonsumsi. Selain itu, bisa saja jamur racun atau masih diragukan keamanannya. Namun ada jamur yang bisa dimakan namun merepotkan seperti jamur sembagi. Jamur sembali bentuknya kecil-kecil tetapi banyak seperti melati yang berserakan. Jamur sembagi pun kurang enak diolah.


Paling enak olahan jamur adalah ketika dibuat pepesan jamur. Bahkan dibikin kuah jamur pun enak sekali. Tekstur-nya yang kenyal, dipadu-padankan dengan bumbu-bumbu, membuat pepesan dan kuah jamur terasa gurih. Bila dibandingkan dengan jamur produksi seperti jamur kayu atau merang, jamur musim hujan jauh lebih enak rasanya. Entah karena olahan jamurnya atau memang benar-benar jamurnya jauh lebih enak.

Walau dikatakan jamur musim hujan terlezat, namun jamur musiman jauh lebih sulit dicari. Harus berkeliling, berjalan jauh diberbagai kebun-kebun. Biasanya kebun yang memiliki banyak pepohonan mengingat tumbuh rayap jauh lebih banyak. Tumbuhnya rayap juga salah satu yang memicu munculnya jamur, biasanya jamur sembagi atau siung. Karena sulit dicari, kondisi busuk atau baru kuncup ketika ditemukan pun sering terjadi.

Lalu bagaimana resep masakan jamur musiman? Resep ini berlaku untuk berbagai macam resep jamur yang diklaim gurih, menambah nafsu makan.

Langkah Resep Masakan Pepesan Jamur Musim Hujan

Di sini akan menjelaskan resep pepesan dan kuah jamur yang bisa anda pilih. Anda pun bisa menggunakan resep ini untu keperluan memasak jamur pada umumnya. Banyak sekali resep jamur namun lebih cenderung menutupi kelezatan jamur. Seperti pepesan jamur namun dikasih telur, tomat. Bisa juga kuah jamur namun dikasih campuran bahan lain seperti tempe dan yang lainnya. Kenikmatan olahan jamur ketika polos tanpa campuran, hanya bumbu dan jamur saja. Bumbu pun jangan sampai yang menutupi kelezatan jamur.

Bahan utama :
  • Suiran jamur musim hujan selain jamur sembagi
  • Irisan bawang merah
  • Irisan cabai rawit yang masih hijau
  • Garam
  • Msg atau gula pasir
  • Minyak goreng
  • Air (untuk kuah jamur)

Cara Membuat Pepesan Jamur Musiman :

Pertama, campurkan bahan-bahan siuran jamur dan bumbu menjadi satu. Lalu aduk-aduk hingga merata. Cicipi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa rasa asin sudah dianggap cukup.

Kedua, bungkus dengan daun pisang. Seperti halnya pepesan pada umumnya, tentunya cara membungkusan untuk pepesan jamur pun sama.

Ketiga, kukus terlebih dahulu jamur. Hal ini bertujuan untuk menghindar dari jamur yang belum matang. Baru bila sudah dianggap cukup, pepes segera dengan wajan. Ingat, memepes jamur dengan wajan terlebih dahulu dikasih minyak goreng sedikit pada permukaan wajan agar pembungkus daun pisang tidak gosong.

Cara Membuat Kuah Jamur Musiman

Caranya sama seperti membuat pepesan jamur. Hanya saja, diberi sedikit air. Jangan terlalu banyak mengingat cuma melakukan pengukusan saja. Mengapa memasak kuah jamur dengan teknik pengukusan? Memang tidak dikukus pun bisa, sama-sama enak. Namun jauh lebih enak bila pemasakan kuah jamur dengan dikukus. Hal ini karena sedikit penggunakan air sehingga rasa jamur jauh lebih terasa. Hanya saja, jauh lebih lama matang bila pemasakan dengan cara dikukus.


0 Response to "Tips Lezat Resep Masakan Jamur Musim Hujan"

Posting Komentar