Hidangan Pecel Sayur Enak Dan Sehat

Mungkin anda penikmat resep masakan pecel yang dikomandoi dengan lezat bumbunya atau biasa disebut sambal pecel. Resep pecel tidak akan lengkap dan tidak mungkin dinamai pecel bila tidak ada sambal. Karena pecel sendiri identik dengan sambal. Seperti menurut Wikipedia, bahwa pecel mengandung bahan terutama kacang yang diulek (sekarang digiling, diblender). Namum pecel bila tanpa sayuran atau nasi, maka hanya berstatus sambal pecel. Entah mengapa, pecel sudah menjadi satu-kesatuan. Seperti halnya rujak yang terdiri dari bahan campuran dan juga taburan bumbunya.


Apapun pengertian seputar pecel, mengkonsumsinya dianggap sebagai konsumsi alami. Artinya memang tidak hasil olahan dari pabrik. Kecuali mungkin bumbu pecel atau sambal pecelnya yang diolah sampai di tangan mesin pabrik. Di samping alami, tentu menyehatkan bila konsumsi pecel berpaduan dengan sayur dan lainnya.

Namun tidak semua makanan yang berasal dari bahan menyehatkan, terkonsumsi dalam keadaan sehat. Ini hal yang penting yang banyak dilalaikan ibu rumah tangga. Efeknya bukan main-main, bisa jadi terjadi penurunan kualitas belajar si anak bila sampai konsumsi yang tidak benar sampai ke mulut anak-anak. Sepertinya lebay. Tetapi, seandainya kurang konsumsi sayuran tiap hari, apa yang terjadi? Seandanya terlalu banyak lemak dalam konsumsi telur, apa yang terjadi? Pada intinya, bisa berakibat pada kesehatan sehingga kualitas belajar pun menurun. Lesu, lemas, malas, bisa jadi identik dengan kekurangan makanan bergizi. Bila sampai mengganggu belajar dalam waktu tahunan, apa yang akan terjadi? Apalagi bila dialami banyak anak-anak. Mengerikan sekali.

Pecel Sayur Hidangan Enak Dan Bergizi

Makanan yang pedas-pedas memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Walaupun sambal pecel ada yang tidak terasa pedasnya tetapi pada intinya terbuat dari cabai yang bisa jadi merasakan pedas walaupun sedikit. Bila seperti itu, ada rasa kenikmatan di lidah serta menyegarkan. Apalagi bila dicampur butiran kacang tanah, lebih enak lagi.

Apakah baik mengkonsumsi pecel sayur tiap hari? Baik-baik saja, asalkan cara pengelolaannya yang benar. Hal yang perlu diperhatikan adalah, konsumsi sayuran itulah yang dibutuhkan untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini penting untuk kelancaran dalam buang air besar. Jadi, inti utama mengkonsumsi bukan terletak pada pecel sayurnya tetapi konsumsi sayurnya. Adapaun variasi memakan sayuran, bergantung selera masing-masing orang. Bisa jadi kesukaan konsumsi setiap harinya atau paling tidak yang sering dikonsumsi adalah pecel sayur.
sambal bu kaji


Anek Bahan Sayuran Pecel

Pemilihan syuran menjadi inti penting dalam mengkonsumsi pecel sayur yang enak dan sehat. Tidak semua jenis sayuran bisa terasa enak bila dikonsumsi dengan bumbu sambal walaupun masih terasa cukup enak. Tidak juga sayuran yang sehat akan selalu sehat karena bisa jadi mengandung bahan kimia seperti pada umumnya digunakan untuk pertanian.

Beberapa sayuran yang biasanya ada di pecel sayur:

- Daun singkong
- Daun bayam
- Kangkung
- Daun kacang panjang
- Kacang panjang
- Daun kol
- Mentimun
- Toge
- Kemangi

Pemilihan daun singkong yang enak untuk pecel sayur adalah daun singkong yang masih muda. Biasanya sulit didapatkan di warung atau penjul daun singkong. Hal ini biasanya daun yang masih mudah belum layak jual. Namun itulah yang bisa anda nikmati. Daun singkong muda. Daun singkong jauh lebih aman dalam segi kesehatan mengingat tidak ada penyemprotan daun.

Daun bayam pun enak dijadikan sebagai bahan pecel sayur. Namun hati-hati dalam pengolahan karena mudah lembek. Alangkah baiknya untuk sekedar merebus sebentar, sekedar menghilangkan bau yang menyengat. Setelah agak setengah matang, bisa diangkat. Namun bayam produksi pertanian memang perlu diperhatikan, barangkali memakai bahan kimia. Hal penting tentu mencium aroma bayam. Biasanya ada bau-bauan. Tetapi terpenting adalah mencuci dengan sabun yang khusus untuk mencuci sayuran dan buah.

Kangkung sepertinya merajai hidangan pecel sayur mengingat yang paling mudah di dapatkan. Di samping itu, kangkung jauh lebih kokoh, tidak gampang layu sehingga cocok untuk dijadikan bahan pecel yang bertujuan untuk dijual. Namun kangkung sama seperti bayam, resiko terkena bahan kimia. Alangkah baiknya memang tidak sekedar dicuci.

Untuk alternatif, walaupun sulit didapatkan di pasaran, yakni daun kacang panjang, namun bisa anda coba untuk dinikmati sebagai bahan pecel sayur. Rasa memang bisa disamakan dengan daun singkong. Karena sulit, mungkin anda harus bisa memanam kacang panjang terlebih dahulu.

Untuk bahan pecel sayur selain di atas, dianggap sebagai bahan campuran saja. Pecel sayur kurang lengkap bila tanpa bahan-bahan yang sudah di sebutkan di atas. Walaupun sebagai campuran, tetap menjadi inti penting dalam pecel sayur. Mengingat, bila hanya mengandalkan 1 jenis bahan, kurang sedap rasannya plus cepat bosan.

Persiapan Pecel Sayur

1. Pembersihan

Pembersihan menjadi inti penting apalagi sayuran yang belum terjamin terhindari dari bahan kimia seperti penyemprotan hama dan yang lainnya. Apakah bisa hanya mengandalkan pembersihan dengan air? Untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia, bisa saja. Namun yang menjadi masalah adalah ketika perebusan tidak lama, sekedar setengah matang. Bisa jadi kurang maksimal dalam menghilangkan bakteri, kuman dan lainnya. Alangkah baiknya ditambah dengan pencucian dengan sabun yang khusus untuk membersihkan buah dan sayuran.

2. Pemotongan

Pemotongan sendiri masuk dalam seni memasak. Untuk yang satu ini, memang harus diperhatikan bagi yang sedang membuka usaha pecel sayur. Hal ini untuk menarik konsumen dalam menyantapnya. Namun hal yang tidak kalah penting, pisau yang digunakan untuk memotong. Biasanya pemotongan dadakan terjadi pada mentium. Mentimum memang tidak ikut dalam proses pemasakan. Seandainya pisau yang digunakan kotor, tentu bisa mengganggu kesehatan. Alangkah baiknya menggunakan pisau yang sudah bersih dan yang anti karat.

3. Cara Penyajian

Tampilan atau cara penyuguhan pun menjadi bagian penting. Hal ini masuk dalam seni memasak. Bahkan di restoran besar, cara penyajian menjadi unsur penting sehingga wajah banyak makanan yang sebenarnya bisa murah tetapi berharga mahal. Namun untuk cara penyajian pecel, bila untuk usaha, tidak perlu repot-repot. Alangkah baiknya menggunakan piringan kayu yang pasti akan dilapisi dengan daun atau kertas makanan. Piringan kayu tidak membuat perlu repot mencuci. Tetapi, jauh lebih sehat bila menggunakan daun pisang. Kasus menggunakan kertas makanan memang masih diragukan kesehatannya plus sudah hilang nilai tradisi leluhurnya dalam menyantap pecel.

4. Penaburan Bumbu Atau Sambal Pecel

Entah disebut bumbu atau disebut sambal, sama saja. Bila anda membeli sambal pecel ke Sambelpecelsemarang.com, maka itulah salah satu contoh sambal pecel yang biasa digunakan untuk berbagai pecel seperti yang satu ini, pecel sayur. Penaburan sambal dilakukan terakhir mengingat untuk meratakan hasil penaburan sambal. Biasanya sambal yang dibeli dari dari situs tersebut dalam kondisi tanpa cair sehigga perlu dicairkan terlebih dahulu bila untuk pecel sayur.

5. Pelengkap Santapan Pecel Sayur

Tidak lengkap rasanya bila memakan pecel sayur namun tidak ada rempeyek. Biasanya teman pecel sayur adalah rempeyek. Di samping itu, telur, tempe, tahu pun menjadi teman santapan sayur pecel walaupun kebanyakan untuk pecel nasi.





0 Response to "Hidangan Pecel Sayur Enak Dan Sehat"

Posting Komentar