Resep Kuliner Rujak Katibabal

Kuliner rujak katibabal? Sepertinya, ini adalah variasi lain dari rujak. Namun apakah anda sudah tahu nama sebutan katibabal? Sepertinya, sebutan ini hanya berlaku di bagian Jawa Barat, tepatnya di wilayah munjul Cirebon. Bila saya sebutkan nama yang lain, pasti anda akan mengenalnya. Katibabal adalah rujak yang terbuat dari nangga kecil, yang masih berukuran sepanjang jari. Karena masih kecil, otomatis tidak mengandung getah sehingga layak untuk bisa dimakan, sesuai pengalaman orang terdahulu.


Penulis masih belum memahami betul nama asli dari nangka yang masih kecil. Yang jelas, rujak yang diolah bernama rujak katibabal. Biasanya, nama kuliner tidak mengharuskan mengikuti nama asli. Menurut anda, buah nangka yang masih kecil namanya apa? Tiap daerah biasanya memiliki nama masing-masing. Sayangnya, dalam bentuk bahasa Indonesia tidak menjelaskan hal itu.

Rujak katibabal lebih kepada rujak untuk hiburan anak-anak untuk menikmati hiburan tanpa televisi, ketika itu. Ya, itu hanya untuk hiburan, mengingat peminatnya dari kalangan anak-anak hasil warisan orang tua terdahulu. Walau hanya sekedar hiburan, tetap yang membuat orang tuanya atau orang yang lebih bisa membuat rujak katibabal.

Apakah anda mau mencoba rujak katibabal? Sepertinya, anda harus menjadi anak-anak dulu mengingat anda sudah memiliki selera kuliner, rasa kuliner yang agak atau dewasa. Kalau rasa katibabal, rasa yang cenderung kekanak-kanakan. Namun, walau rasa yang masih kekanak-kanakan, tidak ada salahnya kan untuk mencoba?

Langkah Membuat Rujak Katibabal

Rujak katibabal memang tidak seperti rujak yang memakai bumbu kacang. Hal ini karena bahan yang diolah harus bercampur, diulek menjadi satu bersama bahan yang lain. Justru bila ditambahkan dengan bahan lain seperti kacang, terlalu sayang. Alangkah baiknya, bahan dan cara pembuatannya seperti di bawah ini:

1. Bahan-Bahan Rujak Katibabal

Bahan yang diperlukan tidak banyak, namun lumayanlah sebagai cemilan lidah. Berikut bahan-bahannya:

- Katibabal alias nangka kecil seukuran jari
- Gula merah atau jawa
- Cabai hijau

Sudah cukupkah bahan-bahan yang harus disediakan? Sudah. Kalau ditambahkan lagi seperti diberi kacang, garam, air, dan sebagainya justru akan terasa tidak enak. Bahan seperti di atas sepertinya cukup.

Bila ingin berkreasi jauh lebih enak, silahkan saja. Asalkan pas. Mungkin bisa ditambah dengan memberikan sambal pecel semarang dari situs Sambelpecelsemarang.com. Namun terlalu berlebihan bila sampai dicampur dengan sambal pecel semarang yang enak dan gurih. Hal ini karena rasa katibabal sendiri cenderung sepet sehingga tidak cocok diberikan sambal pecel semarang.

Tetapi, harus dipahami. Bila anda memanfaatkan katibabal alias nangka kecil, maka otomatis tidak akan menikmati buah nangkanya. Alangkah baiknya memanfaatkan katibabal yang buahnya berpotensi kurang bagus. Bisa memanfaatkan pohon nangka yang selalu jelek hasil buahnya.

2. Cara Membuat Rujak Katibabal

Beneran mau membuat? Apakah anda penasaran ingin mencoba? Bila sudah mencoba, diharapkan jangan ketagihan ya? Karena sulit mencari katibabalnya plus kasihan buah nangkanya tidak jadi membesar.

Caranya cukup mudah, yakni seperti membuat rujak. Silahkan masukkan katibabal terlebih dahulu agar lembut lebih awal. Jangan memasukkan gula sebelum katibabal lembut karena akan sulit untuk dilembutkan. Bila sudah, bisa memasukkan gula bersama cabai. Bisa tanpa cabai bila tidak menyukai pedas.

Cara Menikmati Rujak Katibabal

Rujak katibabal lebih cenderung dikatakan rujak buah. Bila anda paham rujak buah, berarti tidak ada istilah untuk lauk-pauk, teman nasi. Nikmati saja seperti apa adanya. Paling enak untuk dinikmati bersama-sama mengingat cepat bosen walaupun cukup enak di awal.




0 Response to "Resep Kuliner Rujak Katibabal"

Posting Komentar