Cara Berbeda Menyantap Sambal Pecel Semarang

Resep masakan memang mudah sekali berubah bahkan yang bersifat kuliner tradisi pun seperti cara menyantap sambal pecel khususnya dalam hal ini sambal pecel semarang. Biasanya menyantap sambal pecel seperti yang sudah umum mentradisi yakni di dalam nasi atau sayur. Namun, tentunya tidak hanya untuk itu. Bisa juga untuk lalapan, taburan variasi pecel sayur yang berbeda, campuran mi dan sebagainya.


Kali ini akan membahas cara menyantap sambal pecel semarang. Pada umumnya sambal pecel di manapun tetap sama cara penyajiannya yakni sebagai taburan untuk sayur atau nasi. Hanya saja lebih memfokuskan pada sambal pecel Semarang mengingat blog ini sedang menawarkan sambal pecel di www.sambelpecelsemarang.com

Pecel Sayur Ala Karedok

Karadok sendiri makanan khas Jawa Barat. Ciri khasnya sebenarnya ada di sayurannya. Sayuran yang digunakan adalah yang bisa dimakan mentah seperti toge, daun kol, mentimun, wortel dan yang lainnya. Namun sepertinya bumbu yang dipakai tetap sama untuk campuran pecel sayur. Hanya saja, karedok tidak memakai cabai, sepertinya.

Nah, dari sinilah memunculkan ide untuk membuat pecel sayur mentah. Caranya tinggal menyisir kecil dan tipis sayuran yang mau disantap. Lalu taburi sambal pecel. Tanpa perlu dimasak, bisa langsung dimakan. Pecel sayur mentah seperti ini cocok untuk para pegiat diet atau yang sedang menjalankan diet Raw Food.

Pecel Lele Tanpa Goreng

Siapa sih yang tidak tahu pecel lele? Banyak orang yang sudah tahu hal ini termasuk anda. Pecel lele salah satu kuliner favorit yang digemari kalangan apa saja, khususnya kalangan muda. Hal ini beralasan karena cukup simpel penyajiannya dan tidak perlu pakai lama. Walaupun banyak rumor bahwa ternak lele dianggap menjijikan, tetapi tidak menyiutkan nyali untuk menyantap. Fakta memang tidak ada yang ternak lele dengan cara menjijikkan bila untuk usaha.


Namun sayangnya, menyantap pecel lele setiap hari sama halnya seperti menyantap gorengan setiap hari. Ya karena pecel lele dimatangkan dengan cara digoreng. Bagi yang sedang diet menghindarigorengan, pastinya tidak akan menikmati pecel lele setiap saat. Solusi lain adalah dengan mengandalkan lele asap atau lele kukus/presto.

Bila menyantap pecel lele gorengan atau asap, biasanya dengan cara dicolek ke sambal pecel. Tetapi tidak untuk lele kukus. Caranya bisa menaburkan sambal pecel yang sudah dicairkan.

Alangkah baiknya, sebelum di kukus, bisa ditambah sayuran bawang bombai/merah, bawah putih, seledri, putih telur, dan yang lainnya yang layak bercampur dengan lele kukus. Bila sudah matang, bisa bercampur dengan pecel. Duh, enak kali.

Pecel Mi Goreng

Sepertinya, patut anda coba. Mungkin anda sedang tidak minat dengan nasi pecel. Bisa diganti dengan mi goreng pecel. Tetapi, alangkah baiknya bila memakai mi instan goreng yang taburannya memakai sambal atau yang rasa pedas. Ada kan mi instan goreng yang berasa sambal terasi karena memang ditaburi sambal? Ada juga kan mi goreng yang pedas? Nah, mi goreng itu bisa anda manfaatkan untuk dicampuri dengan sambal pecel smarang. Namun, jangan diberi air. Anda bisa mencairkan sedikit di dalam bumbu m agar bisa menyatu dengan sambal pecel.

Pecel Gorengan

Pecinta gorengan pasti akan mencari-cari sambal yang enak sebagai teman ngemil gorengan. Biasanya gorengan cuma berteman dengan cabai atau petis. Namun, bila anda ingin lebih enak menyantap gorengan, bisa di tambah dengan sambal pecel khususnya sambal pecel semarang. Cara mencantapnya tidak ribet karena cukup mencocol ke sambal yang masih kental, tidak berair. Hanya saja perlu mengambil terlebih dahulu ke sendok atau piring kecil agar semua sambal tidak dikotori air ludah.


0 Response to "Cara Berbeda Menyantap Sambal Pecel Semarang"

Posting Komentar