Mau Menikmati Buah Dengan Sambal Pecel Semarang

Kali ini akan membahas resep masakan sambal pecel semarang yang lain dari yang lain. Kali ini mengandalkan buah-buahan untuk dicampur bersama bumbu pecel, dalam hal ini menggunakan sambal pecel semarang yang bisa di dapatkan pada situs www.sambelpecelsemarang.com. Mungkin anda ingin sedikit berontak mengenai pembahasan ini karena di luar dari tradisi menyantap kuliner yang tengah populer di Indonesia. Jangan dulu berontak, karena variasi resep tidak ada kejahatan untuk menjatuhkan resep yang sudah mentradisi. Namanya variasi, sekedar pelepas kejenuhan mengkonsumsi hal yang biasa dikonsumsi.


Apakah bisa dikatakan rujak buah bila menggunakan sambal pecel semarang? Bisa seperti itu. Namun biasanya sambal untuk rujak buah lebih terasa manis dan cair kental. Kalau sambal pecel, khususnya adalah sambal pecel semarang, sepertinya tidak terlalu manis dan banyak bumbu kacangnya sehingga hasilnya tidak sekental sambal untuk rujak buah.

Paling tidak, mirip rujak buah sehingga bisa menikmati buah dengan taburan sambal pecel semarang.

Beberapa Jenis Buah Yang Bisa Bertema Dengan Sambal Pecel Semarang

Prinsipnya adalah, sambal pecel semarang sudah umum digunakan untuk kebutuhan makan walaupun bisa saja sekedar untuk menikmati hidangan pecel seperti menikmati pecel sayur. Bila seperti itu, maka buah yang digunakan harusnya buah yang bisa untuk dimasak seperti memasak kangkung, bayam, daun singkong dan yang lainnya. Jadi, buah yang akan dinikmati dengan sambal pecel tidak sembarangan buah.

Beberapa buah yang bisa sebagai teman sambal pecel:

- Buah nanas
- Buah tomat
- Buah mangga
- Buah nangka
- Buah belimbing

Sepertinya buah di atas sudah cukup sebagai bahan untuk membuah pecel buah dengan menggunakan sambal pecel semarang.

Cara Mengolah Pecel Buah Menjadi Hidangan Yang Serasi Dengan Sambal Pecel Semarang

Ini rekayasa penulis saja dalam mengolah pecel buah. Mungkin anda bisa mencari alternatif lain dari ide yang tertuang dalam tulisan ini. Namun bila ide rekayasa di sini sudah cukup untuk sebagai alternatif menyantap sambal pecel, ya sudah, gunakan saja.

1. Pecel Buah Tanpa Pemasakan

Anda bisa membuat pecel buah tanpa mengalami proses pemasakan terlebih dahulu seperti halnya memasak sayur. Bisa menyisirnya tipis lonjong biar mudah untuk disantap. Tetapi, bukankah buah-buahan memang harus langsung dimakan? Tentunya, agar nutrisinya tidak berkurang. Bila ingin memakan mentah buah pecelnya, tentu anda harus mengentalkan cairan sambal pecel. Bila ada sambal pecel yang cenderung manis, atau manisnya terasa, bisa anda gunakan..

2. Pecel Buah Dengan Pemasakan

Pemasakan buah sendiri bertujuan untuk lebih memudahkan dalam menyantap pecel buah. Di samping itu, buah yang masih asam akan berkurang keasamannya. Namun proses pemasakan tidak perlu sampai dianggap matang mengingat hasilnya bisa saja lembek untuk buah tertentu. Minimal terlihat lesu, sudah bisa diangkat untuk dijadikan pecel buah.

Buah yang sudah dijelaskan di atas memang buah yang layak untuk dimasak. Buah nanas sudah dianggap baik bila mengalami pemasakan mengingat sudah dijadikan bahan dari beberapa kuliner masakan. Buah mangga pun sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari bahan kuliner masakan yang mengalami pemasakan.

Pada intinya buah yang sudah dijelaskan di atas cocok untuk mengalami proses pemasakan. Namun masalahnya, bagaimana cara memasaknya? Apakah direbus? Di tumis? Atau dikukus? Hal yang bisa dilakukan untuk menyesuaikan dengan sambal pecel adalah dengan melakukan penumisan. Bisa menggoreng bumbu lain seperti bawang, tomat, dan lainnya selain cabai. Bila sudah matang, bisa di campur dengan sambal pecel semarang. Kali saja enak, hehe...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mau Menikmati Buah Dengan Sambal Pecel Semarang"

Posting Komentar