Bingkisan Masakan Acara Spesial Berisi Sambal Pecel

Indonesia kaya dengan acara-acara tradisi yang di dalamnya menghadirkan bingkisan makanan untuk dibawa pulang para hadirin. Yang lagi musim sekarang ini pada acara tradisi adalah bingkisan sudah dibuat praktis oleh para pelaku usaha masakan. Mau mengadakan acara selametan atau syukuran, males, karena harus memasak terlebih dahulu. Namun karena sudah ada yang membantu membuat bingkisan, mengadakan suatu acara terasa berbantu. Menariknya dan lagi musmin, bingkisan praktis tersebut menghadirkan sambal pecel sebagai pendampig masakan berupa ayam, lalapan, tahu, dan sebagainya.


Sepertinya para pelaku usaha masakan mendapatkan angin segar bila berjualan di negara Indonesia ini. Menjamurnya acara tahlilan, haul, muludan, rajaban, dan sebagainya memberikan keuntungan tersendiri mengingat omset yang di dapat bisa dianggap besar. Apalagi usaha masakan pemesanan ini dianggap jarang yang mendirikan sehingga bisa menjadi angin segar sendiri bagi yang membuka pemesanan paket masakan. Tidak hanya paket masakan nasi padang saja yang menjadi target para pengurus acara tetapi berbagai variasi bingkisan masakan lainnya. Salah satunya yang menjadi incaran adalah paket bingkisan berisi sambal pecel.

Beli disini: Sambal Pecel Semarang

Menu Yang Ada Dalam Bingkisan Makanan

Seperti apa isi yang umum ada dalam bingkisan masakan atau biasa disebut nasi box atau nasi kotak untuk acara-acara?

1. Nasi Pulen Enak Di Makan

Biasanya bingkisan masakan berupa isi nasi yang sudah dicetak berbuntung bulatan. Lalu nasi ditaruh di tempat yang sudah disediakan untuk nasi. Hal ini yang mengharuskan nasi dalam kondisi pulen, tidak keras dan bisa dicetak. Tetapi banyak juga yang mengemas nasi dengan bentuk biasa, rata menyamai kotak nasi. Salah satunya adalah kotak nasi untuk nasi padang yang berbentuk standar saja, tidak ada cetakan.

2. Daging-Dagingan

Banyak sekali variasi pemberian daging untuk bingkisan masakan. Ada yang menghadirkan ayam atau bebek goreng biasa, ayam goreng penyet, ayam goreng tabur bumbu serbuk kelapa, rendang sapi dan sebagainya. Namun yang pastinya adalah bergantung ada atau tidaknya sambal. Kalau ada sambal, berarti ayam atau bebek goreng saja. Kalau tidak ada sambal, cenderung bebas karena tidak ada yang perlu untuk dicolek dengan sambal khususnya sambal pecel.

3. Lalapan

Lalapan nasi padang, sudah terkenal dengan suguhan daun singkong rebusnya. Kebanyakan nasi kotak selain padang akan menghadirkan lalapan yang sepertinya sudah menjadi standar umun yakni timun, kol, dan kemangi. Namun pada dasarnya lalapan tidak hanya dari sayuran saja melainkan masakan tertentu yang berasal dari gorengan seperti tempe bacem, tahu goreng, kerupuk udang dan yang lainnya. Lalapan ini sebagai pendamping sambal. Bila tidak ada sambal, otomatis tidak ada lalapan.

4. Spesial Sambal Pecel

Pada dasarnya, masalah sambal tidak harus sambal pecel. Yang pasti ada adalah sambal yang bisa untuk dicocol dengan lalapan. Bukan sekedar sambal yang sering dianggap tidak seperti sambal seperti sambal tumpang atau lainnya. Melainkan sambal yang menyerupai olahan saos sehingga co cok untuk dicocol dengan lalapan. Biasanya sampai yang sering muncul selain sambal pecel adalah sambal terasi. Sambal terasi memang layak untuk dijadikan menu untk bingkisan makanan. Jadi, kalau tidak sambal terasi, sambal pecel.

Apakah Bisa Membuat Kotak Bingkisan Masakan Sendiri

Apakah bisa? Tentu bisa. Tetapi kalau untuk acara hajatan, biasanya ada tim pemasak. Kalau sekedar masakan sederhana seperti di sebutkan di atas, memang mudah membuatnya. Anda hanya perlu mengolah ayam goreng yang enak dan juga sambal pecelnya yang harus tetap enak. Di sini anda mencoba membuat hidangan masakan pecel ayam. Tinggal bagaimana mencari tenaga kuliner handal yang bisa memasak sambal pecel dan ayam goreng gurih.

Keuntungan membuat hidangan masakan sendiri untuk acara hajatan tentu lebih murah. Walaupun perlu mengundang tenaga ahli, tetapi itulah yang dinamakan acara hajatan.


0 Response to "Bingkisan Masakan Acara Spesial Berisi Sambal Pecel"

Posting Komentar