Nikmatnya Nasi Sabal Pecel Ketika Hangat


Mungkin anda sudah meraskan memakan nasi sambal pecel dengan ciri khas sambal sesuai cri khas derah anda. Bisa juga menikamti lezatnya nasi pecel dengan sambal pecel Semarang. Bila sudah merasakan nasi yang satu ini, bagaimana rasanya? Hm, anda seperti memakan nasi lengko bertabur bumbu kacang yang ada di Cirebon. Ya, nasi pecel seperti nasi lengko walaupun mungkin berbeda rasa dan taburannya. Atau nasi pecel seperti campuran untuk gado-gado walaupun bumbu yang dibuat tidak sama dengan gado-gado.


Menikmati nasi pecel lebih terasa nikmat bila dalam keadaan hangat. Campuran sambalnya akan meramaikan panasnya nasi. Taburan-taburan yang melengkapinya seperti bakwan, telur puyuh, toge, tempe goreng, rempeyek, rendang dan lainnya akan menambah kelezatan memakan nasi pecel.

Klaim Ciri Khas Nasi Pecel

Banyak daerah yang mengklain memiliki ciri khas nasi pecel. Walaupun memiliki ciri khas, tidak juga sampai kaku yakni membuat nasi pecel khas seperti itu. Ini menunjukkan bahwa resep nasi pecel bisa berbeda-berbeda sebagai variasinya. Secara tradisi mungkin saja nasi pecel khas madiun akan dikatakan lebih pedas, memiliki rempeyek atau bagaimana. Namun cara pandang ibu rumah tangga tidak melihat bahwa pembuatan nasi pecel mengharuskan seperti nasi pecel Madiun. Tidak seperti itu. Memvariasikan resep jauh lebih baik bahkan jauh lebih baik resep racikan ibu di dapur.

Inti Nasi Pecel Adalah Nasi dan Sambal Pecel

Bila tidak ada nasi, maka bukan sebagai nasi pecel melainkan sayur pecel. Jika tidak ada sambal pecel, tidak juga disebut nasi pecel melainkan nasi biasa untuk makan atau yang biasa dihidangkan dalam warteg. Nasi pecel harus ada nasi dan sambal pecel sebagai bahan utama. Walaupun ada lauk pendamping seperti sayur kangkung, tempe goreng, toke, daging dan sebagainya, tetep saja nasi dan sambal pecel adalah faktor utama.

Namun untuk menghadirkan rasa nasi pecel yang enak, tidak ada perkataan lain kecuali hidangan bumbu atau sambal pecelnya yang enak. Otomatis seorang ibu atau pengelola usaha harus bisa meracik sambal pecel terlebih dahulu sampai menghasilkan rasa yang enak. Bila sudah enak, gurih dan menyehatkan, tentu hidangan nasi pecel akan terasa enak. Lebih enak atau enak banget bila pendamping nasi pecel didampingi sesuatu yang melengkapi rasanya.

Anda bisa mencoba sambal pecel Semarang racikan Ibu Sartinah bila memang belum bisa atau memang tidak punya waktu untuk membuat sambal. Tentunya, dengan sambal Semarang, anda akan merasakan kenikmatan seperti nasi pecel buatan ibu penjual. Hanya membuat sambal sederhana, tentu tetap saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bila anda ingin praktis, bisa menggunakan sambal pecel khas Semarang.

Nasi Pecel Hidangan Tradisional Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, era modern membuat banyak kuliner mengalami perubahan baik dalam hal penampilan atau hidangan rasa. Namun jangan sampai hal itu mengharuskan untuk menjalani perubahan. Harus ada pelestarian warisan nenek moyang khususnya nasi sambal pecel. Ciri khas hidangan nasi pecel adalah menggunakan pincuk daun pisang atau daup pisang walapun menggunaka piring yang terbuat dari kayu. Memang bila mau praktis, daun pisang bisa menggunakan kertas nasi. Di lihat dari kemasan, justru jauh lebih nikmat dan sehat bila menggunakan pincuk daun pisang. Kalau kertas nasi, masih diragukan mengenai keamanan plastiknya bila tercampur dengan nasi hangat.

Biasanya pelaku usaha tidak mau ambil repot, sehingga menggunakan lapisan atau pincuk kertas nasi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan para penjual di era modern ini mengingat ketersediaan daun pisang pun bisa mengalami keterbatasan.




0 Response to "Nikmatnya Nasi Sabal Pecel Ketika Hangat"

Posting Komentar