Lebaran dengan Hidangan Pecel Sayur, Nikmat Sekali


Lebaran adalah simbol hari-hari spesial yang mengharuskan tersedianya hidangan spesial. Bila sebuah keluarga telah menspesialkan hari tertentu, apalagi hari lebaran, maka akan membuat hidangan yang diperuntukkan untuk keluarga dan orang terdekatnya. Biasanya yang dihadirkan adalah sesuatu yang diidolakan anggota keluarga. Bila yang diidolakannya adalah hidangan pecel sayur dengan taburan sambal pecel Semarang, misalnya, maka biasanya di hari spesial akan membuat hidangan khusus pecel sayur yang istimewa.


“Pecel tidak sembarangan pecel. Di dalamnya mengandung nilai kebersamaan yang menghangatkan.” Itulah sepertinya gambaran hati keluarga akan sebuah pecel. Jelaslah, pecel bisa menghangatkan dalam kebersamaan karena efek cabai sambil gosop yang bisa membuat hangat. Paling enak bila ditemani rintik hujan atau ketika musim hujan, karena biasanya membutuhkan makanan yang pedas atau panas.

Apalagi memang di hari spesial menghadirkan rasa pecel sayur yang enak, di tambah sayur kangkung dan teman-temannya hasil menanam sendiri di taman belakang rumah. Mengharuskan ada seseorang yang bisa mengolah taburan sambal pecel untuk kenikmatan sebuah sayur. Biasanya sang ibu adalah orang yang bisa memasak dan tentunya bisa memasak sambal pecel.

Namun tidak semua anggota keluarga bisa menikmati hidangan pecel sayur seenak racikan dari keluarga Anda. Mereka harus membeli sambal pecel, bahkan memesannya lewat onine seperti lewat blog yang ini :-) modus. Namun bagi mereka, kebersamaan penuh canda-tawa, bahagia yang disertai menyantap pecel sayur di hari spesial khususnya lebaran adalah sebuah rasa nikmat tersendiri walaupun sambal pecel masih harus beli secara online. Tak mengapa, terpenting olahan kangkung dan teman-temannya di racik tangan ibu mereka sendiri.

Berikut adalah momen atau hari spesial yang tepat untuk menghadirkan hidangan serba pecel menggunakan taburan bumbu sambal pecel, khususnya sambal pecel Semarang:

1. Hari Lebaran Idul Fitri

Hari lebaran adalah momen yang tepat menghidangkan pecel secara khusus pecel sayur. Di hari lebaran, kebanyakan keluarga akan membuat ketupat sebagai hidangan khasnya. Ketupat bisa dimasukkan atau sebagai campuran dalam berbagai kuliner seperti opor, soto, sayur kuning pepaya, rujak, khususnya pecel. Daripada hanya menghadirkan opor yang kurang seru, hangat, lebih baik menambah pecel sayur sebagai teman ketupat yang akan menghangatkan suasana.

2. Hari Lebaran Syawalan

Di deerah perkampungan yang masing bernafas pesantren, biasanya menjamur acara syawalan. Bahkan ada yang mentradisikan grebek syawal yang merebutkan yumpeng berbagai macam hasil pertanian. Di daerah Cirebon terkenal syawalan menyambut santri dan keluarganya yang bersilaturahmi di momen lebaran.

Biasanya, di hari syawalan menghadirkan pula hidangan berbahan utama ketupat. Sebagai hidangan teman ketupat biasanya menghadirkan rujak campur ketupat atau ketoprak. Nah, teman dari hidangan itu bisa menghadirkan pecel sayur yang juga bercampur dengan ketupat. Enak sekali rasanya.

3. Momen Perkumpulan Keluarga

Biasanya anak-anak yang sudah besar, sudah berkeluarga, akan membuat hunian keluarga sendiri yang terpisah dari orang tuanya. Hanya satu orang anak biasanya yang menemani ibunya untuk keperluan hari-hari. Rasa kangen sang anak akan masakan ibu pun akhirnya membuat mereks memesan sebuah hidangan yang dirindukannya. Kalau pecel sayur sebuah hidangan yang dirindukan, tentu akan meminta sang ibu untuk menghidangkan pecel sayur. Dasar ibu, walau anak sudah besar, tetap saja tanpa dipesan terlebih dahulu, pasti sudah berniat menyediakan apa yang menjadi hidangan favorit dan dirindukan anak-anaknya.

Biasanya momen perkumpulan terjadi pada hari-hari besar seperti lebaran atau lebaran kurban.

***

Keluarga anda masih membutuhkan batuan seputar campuran bumbu sambal pecel? Barangkali saja tidak memiliki banyak waktu untuk meracik sambal pecel resep ibu, sehingga mengharuskan untuk memesan sambal yang diidolakan keluarga anda. Yuk pesen sambal pecel Semarang, di sini




0 Response to "Lebaran dengan Hidangan Pecel Sayur, Nikmat Sekali"

Posting Komentar