Resep Tumis Pepaya Rebon


Indonesia memang kaya akan resep masakan tradisional. Bagaimana tidak kaya, kalau terdiri dari berbagai daerah yang beraneka ragam? Kekayaan masakan diambil dari berbagai daerah dan dihimpun menjadi kekayaan masakan khas Indonesia. Termasuk dalam hal ini resep tumis pepaya rebon.

Resep Tumis Pepaya Rebon

Memang dalam hal kuliner tidak ada habisnya menghasilkan kreasi-kreasi masakan walaupun di negara yang kecil seperti Singapura. Negara Singapura bisa kaya akan kuliner masakan bila banyak yang menciptakan kreasi baru masakan. Apalagi negara besar sekelas Indonesia, waw, kalau hanya menghitung kekayaan kuliner masakan tradisional, kuliner yang diwarisi nenek moyang, maka tak terhitung banyaknya. Intinya banyak sekali. Apalagi ada kreasi baru masakan Indonesia, maka jauh lebih kaya lagi.

Bagaimana dengan resep tumis masakan pepaya? Prinsip dasar adalah tumisan dengan campuran bahan utama. Tumisan bisa digunakan untuk menumis berbagai bahan utama seperti tumis kangkung, tumis kacang kedelai, tumis-tumis lainya. Termasuk dalam hal ini adalah tumis pepaya. Tumis pepaya masih mengandalkan pengelolaan resep masakan tradisional, salah satunya tumis kangkung, walaupun ada perbedaan dalam hal bahan-bahan resep.

Pepaya adalah salah satu jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C namun memiliki getah di permukaan. Hal yang harus diakukan untuk tumis pepaya adalah memasak terlebih dahulu agar matang dan enak dimakan. Namun sayangnya, vitamin C yang ada dalam pepaya akan berkurang bahkan hilang. Apalagi proses pemasakan harus mengalami pematangan yang sempurna. Bila setengah matang, tentu bukan tumis pepaya tetapi rujak pepaya.

Gizi apa yang diandalkan dari buah pepaya yang sudah dimasak? Entahlah, yang jelas vitamin C sudah mengalami pengurangan bahkan hilang. Namun, justru karena pepaya sudah dimasak, maka rasa pepaya akan menjadi enak bila dibuat masakan, termasuk masakan tumis pepaya.

Langkah Resep Masakan Tumis Pepaya Rebon

Apakah mau memasak berbahan dasar pepaya? Bila mau, anda sudah tahu kan resiko bila pepaya dimasak? Pemasakan alias perebusan pun harus benar-benar matang, agar bisa dimakan layaknya lauk bukan rujak pepaya. Walaupun matang, namun jangan sampai benyek agar tampilan pepaya rebus bisa ditumis sempurna.

Bumbu tumis memang tidak sama antar bahan. Contoh saja tumis kangkung dengan tumis kacang panjang, maka akan berbeda. Tumis kangkung lebih sederhana, hanya menggunakan bawang, cabai, tomat, sudah jadi. Kalau tumis kacang panjang, agar lebih enak, harus ditambahi sahang dan juga kecap manis agar berasa seperti bistik ayam/kambing.

Begitu juga dengan tumis pepaya rebon, berbeda juga dengan tumis kangkung atau kacang panjang. Karena rasa pepaya rebus masih dianggap tidak enak bila tidak dilengkapi bahan lain yang menutupi ketidakenakan, maka anda harus menyediakan bahan khusus lainnya. Dalam hal ini bahan pelengkap untuk rasa pepaya adalah rebon. Rebon bisa dianggap kombinasi yang serasi, mengingat, rebon bisa untuk campuran berbagai resep masakan.

Bahan utama :
  • Buah pepaya muda, potong korek api
  • Bawang putih, iris tipis
  • Bawang merah, iris tipis
  • Udang rebon, seduh
  • Gula pasir
  • Garam
  • Air
  • Meruca bubuk
  • Cabai rawit merah, iris serong
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumis Pepaya Rebon :

Langkah pertama adalah menumis bawang merah, bawah putih dan cabai. Ada bisa menumis sampai dalam kondisi layu. Bila sudah matang penumisan bahannya, masukkan bahan utama yakni pepaya. Tidak pula memasukkan rebon.

Sederhana bukan caranya?

Tinggal setelah itu memasukkan bumbu penyedap rasa seperti gula pasir atau msg, merica bubuk, dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur sehingga menghasilkan rasa yang enak.




0 Response to "Resep Tumis Pepaya Rebon"

Posting Komentar