Memasak Sambel Terong Khas Trenggalek


Memasak sambal terong? Hm... masakan yang satu ini kemungkinan menjadi masakan favorit keluarga, mengingat, rasa dan aroma bisa membuat perut menjadi lapar. Bila mulut sudah mengunyah sambal terong, bisa membuat nafsu makan bertambah. Apalagi kelembutan terongnya yang bisa diterima semua lidah. Rasa pedas pada sambal terong tentunya menjadi pilihan terbaik karena sambal terong mengharuskan untuk menghadirkan rasa pedas.

Memasak Sambel Terong Khas Trenggalek

Apakah anda mau memasak masakan jawa khas trenggalek ini? Pastikan anda sudah memiliki terong yang cocok untuk dibuat sambal terong. Terongyang biasa dipakai untuk masakan sambal atau tumisan adalah terong ungu. Ada beberapa jenis terong yakni terong lonjong hijau terang, terong lonjong ungu dan terong bulat. Anda memilih yang berwarna ungu untuk membuat tumisan sambal terong.

Baca: Resep Tumis Pepaya Rebon

Mengapa memasak harus terong lonjong warna ungu? Entahlah, namun kebanyakan tukang masak, baik di warteg atau di rumah makan lainnya, kebanyakan menggunakan terong loncong ungu bukan hijau terang. Mungkin saja kalau dibuat tumis, terong ungu jauh lebih gurih. Namun kalau anda mau mencoba terong hijau terang, bisa saja. Anda bisa membandingkan mana yang lebih enak sesuai selera anda.

Memasak sambal terong sama saja prinsipnya seperti memasak tumisan. Dalam memasak tumisan, tidak mengharuskan sama bumbunya. Paling mencolok dalam memasak tumisan adalam pemberian bumbu bawang-bawangan atau bumbu yang digoreng. Tentunya bahan utama yang digoreng, kalau sejenis terong.

Langkah Memasak Sambal Terong Khas Trenggalek

Langkah cukup mudah. Anda bisa membuat masakan sambal terong tanpa perlu susah-payah belajar. Namun kalau ingin menghasilkan rasa dan aroma yang lebih enak lagi, tentunya harus memiliki keahlian memasak terlebih dahulu.

Bumbu untuk sambal terong khas Trenggalek:
  • Terong
  • Garam
  • Gula pasir
  • Cabe rawit rebus
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Terasi goreng
  • Air jeruk limau
  • Tomat

Cara membuat sambal terong khas Trenggalek:

Pertama-tama, terong dipotong lonjong menjadi beberapa bagian per terong. Digoreng sampai layu. Intinya digoreng sampai bisa untuk dimakan. Kalau diawali dengan merebus terong terlebih dahulu sepertinya tidak apa-apa. Tinggal proses berebusan tidak membutuhkan waktu lama. Namun sebenernya paling efektif adalah langsung digoreng agar berasa gurih dan juga tidak.

Efek penggorengan adalah terong penuh minyak. Memang terong tidak memiliki daya penyerap, namun juga tidak mudah garing kalau digoreng. Bagi yang tidak suka makanan seperti ini, bisa dialihkan dengan melakukan perebusan. Tentunya jangan sampai terlalu matang, karena akan benyek.

Ulek beberapa bahan seperti cabe rawit rebus, bawang merah, bawang putih, terasi goreng, dan tomat hingga halus. Bila sudah, masukkan bahan yang sudah diulek ke dalam wajan yang sudah disipkan dengan minyak panas. Goreng, aduk-aduk, sampai matang. Tambahkan air, gula (atau msg), garam, jeruk limau secukupnya. Aduk-aduk lagi.

Bila sudah, masukkan terong ke dalam wajan. Aduk-aduk. Pastikan api dalam keadaan kecil agar pencampuran terong tidak terlalu menambah matang terong. Lalu angkat.

Peluang Usaha Sambal Terong Khas Trenggalek

Sambal terong memang salah satu menu favorit di warung makan seperti warteg dan sebagainya. Hal ini karena perpaduan bumbu dan terong yang serasi, cocok dilidah siapapun. Sambal terong pun bisa disejajarkan dengan sebangsa semur-semuran seperti semur telor saat menikmati makanan. Bila anda pergi ke warteg, akan menemukan sambal terong. Usaha warung makan tidak lengkap bila tidak menghadirkan menu andalan orang Indonsia yang satu ini.

Memang, sambal terong bukan masakan yang bisa mandiri berdiri sendiri untuk kebutuhan penjualan. Harus dilengkapi atau bisa sebagai pelengkap dari berbagai menu makanan yang ada di warung makan. Perlu strategi khusus untuk melakukan penjualan yang berfokus pada penjualan sambal terong.

Oh ya, mau buka usaha warung makan namun terkendala proses membuat sambal? Silahkan mencoba sambal pecel semarang.




0 Response to "Memasak Sambel Terong Khas Trenggalek"

Posting Komentar