Masakan Lontong Kupang Khas Jawa-Surabaya


Di Indonesia, khas sekali dengan masakan yang terbuat dari lontong, mulai dari lontong sayur, ketoprak lontong, lontong opor dan masakan lontong yang akan dibahas adalah lontong kupang. Apakah anda mengenal kupang sebagai pelengkap lontong? Jangan dianggap hal lain dari kata kupang ya? Kupang sendiri adalah binatang laut yang katanya mirip seperti tiram, kecil-kecil. Dari segi pengertian kupang, maka maksud resep masakan nanti adalah sekedar campuran berupa taburan untuk lontong


Masakan lontong sudah menjadi hidangan alternatif bubur, mengingat kondisinya yang sudah tidak berupa kumpulan nasi namun tidak lembek seperti bubur. Hal ini karena lontong dimasak dengan menggunakan pembungkus daun pisang sehingga terjadi pengenyalan. Bisa juga pemasakan beras dengan menggunakan plastik, walaupun tidak bisa disebut lontong.

Membuat lontong membutuhkan waktu yang lama, mungkin sekitar lebih dari 5 jam-an. Hal ini akan mengalami pengurangan bahan bakar yang cukup banyak. Di tambah porses pembungkusan, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi hanya untuk membuat lontong. Dengan begini, lontong hanya dijadikan makanan spesial lebaran, hari raya lainnya atau untuk berjualan, tidak untuk konsumsi harian.

Namun setelah ada panci presto atau disebut panci bertekanan, memasak lontong menjadi lebih cepat. Hanya membutuhkan waktu kira-kira 1 jam-an, lontong sudah matang. Efektif dalam memasak namun belum tentu dalam hasil. Hasil memasak lontong dengan panci presto lebih kenyal namun cenderung keras. Bisa saja ada solusi agar lontong tetap dalam keadaan kenyal namun agak lembek walaupun memasak dengan panci presto.

Kembali ke pembahasan masakan lontong kupang. Lontong kupang katanya khas Surabaya Sidoarjo. Namun banyak penjual di daerah pesisir seperti di Surabaya, Sidoarjo, Lamongan Malang Kabupaten dan juga Pasuruan. Rasanya yang sedap khas masakan laut, tentu saja banyak peminat dengan bukti banyak penjualnya.

Bagaimana membuat masakan lontong kupang khas jawa, lebih tepat Surabaya?

Langkah Resep Pembuatan Masakan Lontong Kupang Jawa-Surabaya

Alangkah baiknya, bila mau memasak lontong tanpa panci presto, dilakukan di hari-hari spesial saja seperti hari ulang tahun, hari besar, persiapan liburan dan sebagainya. Karena proses memasak yang membutuhkan waktu lama.

Bahan membuat lontong kupang :
  • Kupang yang telah dibersihkan
  • Air
  • Petis yang spesial
  • Lontong kita potong potong
  • Lento nanti kita potong potong
  • Bawang merah goreng sebagai taburan
  • Bawang putih potong potong dan goreng
  • Garam
  • Garam (dicampurkan pada kupang sebelum diolah atau dimasak)
  • Gula pasir
  • Cabai rawit merah
  • Air jeruk nipis

Bingung soal takaran bumbunya? Masak harus ditentukan bagaimana takarannya bila anda mau memasak lontong kupang untuk keluarga besar anda. Jadi, silangkan berkreasi saja.

Cara membuat lontong kupang enak dan spesial :

Anda belum merebus kupang atau membelinya dalam keadaan mentah? Maka silahkan lakukan perebusan. Pastikan terlebih dahulu melakukan pembersihan, barangkali masih ada pasir atau kotoran lainnya. Tambahkan garam agar kupang berasa asin. Bila kupang sudah menjadi asinan, maka tidak perlu menambahkan garam, langsung rebus saja. Masak sampai matang.

Langkah berikutnya adalah melakukan penghalusan untuk beberapa bumbu yakni petis, gula pasir, garam, cabai, bawang putih goreng. Jadilah sajian petis berbumbu. Maka anda bisa menyajikannya di atas piring. Berikan jeruk nipis untuk memberikan kesegaran rasa.

Masukkan air rebusan kaldu sesuai kebutuhan porsi masakan anda ke dalam piring atau mangkok yang sudah disediakan. Lalu masukkan juga irisan lontong, potongan lento.

Selamat menikmati




0 Response to "Masakan Lontong Kupang Khas Jawa-Surabaya"

Posting Komentar