Kiat Usaha Masakan Bakso Jawa Enak Gurih


Siapa yang tidak kenal masakan bakso? Semua pada mengenal masakan yang satu ini. Rasanya yang gurih, tidak berbau amis seperti ikan, tidak berbau plengus (baca: aroma kambing) seperti kambing atau domba, dan juga tidak membosankan. Ada yang menjualnya dengan kuah khasnya dan ada yang berbentuk bakso tusuk. Anda penikmat bakso?


Namun yang menarik dari usaha makakan bakso adalah, banyak sekali para pedagang bakso yang membawa embel-embel masakan khas daerah dari jawa seperti bakso solo, bakso malang, bakso wonogiri. Bahkan usaha masakan bakso khas jawa sepertinya tersebar di banyak wilayah, dari timur sampai barat. Kalau makanan rendang yang paling berkuasa adalah Padang, Minag. Kalau masakan bakso, sepertinya daerah-daerah jawa yang berkuasa.

Ketiga daerah yang selalu dibawa para penjual bakso seperti bakso malang, solo dan wonogiri seperinya sudah melekat dalam diri kuliner masakan bakso kuah tersebut. Entah apa perbedaan atau ciri khas bakso dari ketiga daerah tersebut. Yang jelas, ada perbedaan mencolok antara bakso malang dengan bakso solo. Bakso malang lebih menitikberatkan pada pemberian pangsit dan aroma bumbu yang menyengat. Sedangkan bakso wonogori yang sekaligus solo, menitikberatkan pada hidangan yang beraroma setandar namun menghadirkan rasa yang lezat disertai hidangan daging-dagingan.

Rata-rata pedagang bakso yang melabeli diri dengan bakso malang, solo dan wonogiri mendapat tempat di hati para konsumen. Apakah ada resep rahasia atau tidak, namun faktanya rasa dan aroma bakso seperti mengalahkan para pedagang yang tidak melabeli dengan ketiga daerah tersebut. Memang memiliki perbedaan rasa dan aroma antara bakso yang dilabeli ketiga daerah dengan yang tidak. Hal itu yang membuat pedagang bakso dari tiga daerah tersebut laris-manis.

Lalu bagaimana kiat usaha masakan bakso khas jawa khas Malang, Solo dan Wonogiri? Hal ini mudah saja, seperti pada umumnya para penjual bakso atau mi ayam. Masakan bakso tidak perlu pengenalan secara khusus karena banyak konsumen yang sudah bisa menerka-nerga rasanya. Namun pada pembahasan ini lebih kepada strategi penjualan lainnya.

Mempertahankan Ciri Khas Itulah Strategi Usaha Masakan Terbaik

Dalam hal ini bakso kuah khas Malang yang akan dibahas. Bakso malang memiliki ciri khas yang benar-benar berbeda dari bakso solo ataupun wonogiri. Ciri khas yang menonjol adalah memiliki pangsit dan juga aroma yang agak menyengat karena ada bawang putihnya. Entah benar atau tidak ciri-ciri khasnya, namun itulah yang pernah diperkenalkan seputar bakso malang walaupun sekelas pedagang keliling. Rasa dan aroma yang sedap, khas, membuat bakso malang bisa menjadi lauk makan. Inilah yang harus dipertahankan ciri khasnya.

Bagaimana dalam butiran bakso malang? Belum pernah merasakan pasti, bagaimana kelezatan baksonya karena baru merasakan pada pedagang keliling, belum kelas rumahan. Namun yang pasti, bila ingin bertambah enak butiran bakso khas malang, bisa mengambil inspirasi dari bakso solo atau wonogiri. Menurut pantauan kuliner yang penulis lakukan, ciri khas pemberian daging-dagingan dan juga butiran bakso yang gurih khas bakso wonogiri harus juga dimiliki bakso malang. Ini akan menambah daya tarik pada bakso malang.

Dengan tetap mempertahankan ciri khas pada bakso malang, disertai juga mengambil inspirasi hidangan khas bakso yang lain.

Variasikan Penjualan Bakso Dalam Mi Ayam

Paling tepat bila membangun usaha masakan bakso jawa dari berbagai daerah (walaupun belum tahu perbedaannya), maka bisa disiasati dengan menghadirkan mi ayam. Menghadirkan Mi ayam sekedar strategi penjualan butiran bakso yang nantinya disebut mi ayam bakso. Mengapa harus mi ayam? Pada intinya tidak mengharuskan seperti itu. Namun mi ayam berhasil tersebar di segala pelosok daerah dengan ciri khas masing-masing daerah.

Gabungkan Dengan Menu Penjualan Yang Lain

Bakwan, lontong, kerpuk, minuman es, dan teman bakso yang lainnya adalah menu hidangan yang harus dihadirkan. Tidak terhitung banyaknya, setiap orang membeli bakso, pasti akan membeli juga yang selain bakso. Bila sedang lapar, maka akan membeli bakso campur lontong atau bakwan. Intinya penjualan bakso harus ditemani hal-hal yang biasa dimakan para konsumen ketima memakan bakso.




0 Response to "Kiat Usaha Masakan Bakso Jawa Enak Gurih"

Posting Komentar