Resep Masak Sambal Tempe Kemangi Spesial


Siapa sih yang tidak kenal tempe? Tempe adalah salah satu bahan resep masakan khas Nusantara Indonesia. Entah, berasal darimana tempe dilahirkan. Yang jelas, makanan yang menggunakan bahan dasar tempe sudah terpakai di berbagai daerah termasuk di daerah jawa. Salah satu khas sambal jawa berbahan tempe adalah sambal tempe kemangi. Ada juga sambal tumpang yang berbagai dasar tempe.
Sambal Tempe Kemangi Spesial

Baca: Resep Masakan Sambal Tumpang Khas Kediri

Bagaimana prinsip resep memasak sambal? Sudah tahu kan? maksimalkan cabai agar sah dikatakan sambal tempe. Tempe hanya sebagai bahan pelengkap dan ciri khas dari berbagai sambal yang hadir melengkapi kuliner Nusantara.

Resep masakan membuat sambal memang gampang bila memang bahan yang diperlukan gampang didapatkan juga. Mengingat pengolahan sambal tidak rumit berbagai hal olahan. Namun untuk membuat sambal yang enak dan selalu enak, konsisten enak, tentu tidak mudah. Untuk membangun kuliner yang lezat, diterima banyak orang membutuhkan keahlian meracik resep masakan dahulu termasuk dalam resep membuat sambal tempe yang mudah ini.

Apakah resep yang dihadirkan dalam blog ini merupakan resep paten untuk menghasilkan hidangan sambal tempe kemangi yang enak, yang lezat? Tidak pasti, mengingat penulis sendiri bukan ahli dalam masak-memasak melainkan ahli dalam menyampaikan informasi memasak walaupun tidak tahu yang sebenarnya siapa pembuat resepnya.

Info: Sambal Pecel Enak Dari Semarang

Namun tetap penulis akan mencoba menghadirkan resep masakan membuat sambal tempe kemangi untuk anda. Barangali berminat mencoba, ini langkah dalam pembuatannya:

Langkah Resep Masakan Sambal Tempe Kemangi Yang Spesial

Wujud nyata sebuah resep adalah menghadirkan bahan-bahan yang harus dipenuhi, bukan sekedar bagaimana caranya memasak. Bahan-bahan yang harus dipenuhi biasanya racikannya sang ahli memasak. Berikut bahan resep membuat sambal tempe campur kemangi.

Bahan sambal tempe kemangi enak :
  • Tempe kita potong potong dan bakar
  • Cabai merah besar
  • Bawang putih haluskan
  • Cabai merah keriting
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabai rawit merah
  • Kencur
  • Garam
  • Gula pasir (bila tidak memakai msg)
  • Terasi bakar
  • Daun kemangi
  • Tomat
  • Minyak

Sengaja menghapus takaran yang harus dipenuhi anda dalam membuat sambal tempe. Pada dasarnya pentakaran bergantung porsi sambal yang anda buat. Jadi untuk pentakaran, anda bisa berkreasi sesuai selera anda. Terpenting prinsip sebuah kuliner masakan adalah “Enak Dilidah”.

Cara membuat sambal tempe kemangi :
  1. Bahan yang harus ditulis adalah: cabai merah besar, cabai rawit merah, cabai merak keriting, bawah merah dan bawang putih
  2. Campurkan semua bahan yang sudah digoreng untuk pengulekkan. Kemudian campurkan bahan lain yang masih tersisa.
  3. Masukkan tempe untuk dipenyet sampai lembut
  4. Sajikan dengan daun kemangi

Usaha Masakan Sambal Tempe Kemangi Yang Spesial

Banyak orang yang menyukai olahan makanan yang terbuat dari bahan tempe. Dasar ini yang sebagai modal membuka usaha masakan. Namun, banyak yang terjadi orang tidak menyukai tempe tempe yang masih mentah. Bila menyangkut sambal tempe, status tempe masih dalam kondisi mentah. Masalah ini menjadi pekerjaan rumah untuk anda agar bisa meracik sambal tempe yang disukai banyak orang sebelum dijual.

Banyak pelaku usaha yang berfokus menjual sambal seperti halnya sambal pecel. Hal ini karena sambal sudah menjadi bumbu dasar yang bisa mempengaruhi selera makan. Namun belum ada pelaku usaha yang menjual “sambal tempe”. Hal ini bisa diatasi dengan menjadikan sambal tempe sebagai bagian dari menu di usaha rumah makan.

Pekerjaan rumah anda agar menu sambal tempe disukai banyak orang adalah memadukkan kelezatan produk sambal yang banyak terjual dengan campuran tempe. Anda bisa mencari cara lagi bagaimana menghadirkan tempe yang enak dimakan, bisa dengan dikukus terlebih dahulu untuk menambah kelezatan.




0 Response to "Resep Masak Sambal Tempe Kemangi Spesial"

Posting Komentar